Bagikan sekarang

Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember menggelar penarikan mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat Berbaris Riset (PkM-BR) di Kecamatan Jombang, Selasa (06/09/2022)

Penarikan mahasiswa PkM-BR di kecamatan Jombang terdiri dari Desa Jombang, Keting, Padomasan, Ngampelrejo dan Wringinagung.

Wakil Rektor I Inaifas Dr. Asnawan, M.S.I mengatakan selama kurang lebih 45 hari, mahasiswa telah melakukan pengabdian dengan memberikan berbagai program kepada masyarakat dengan bertumpu pada 4 indikator Sustainable Development Goals (SDGs).

“Sejumlah 35 mahasiswa yang mengikuti PkM-BR di Kecamatan Jombang saat ini telah resmi kembali ke kampus untuk kembali melanjutkan studi dan menyelesaikan tugas akhirnya,” ungkapnya.

Pria kelahiran Sumenep ini menuturkan arti strategis kegiatan PkM-BR atau KKN ini sebagai bagian integral dari pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi.

“PkM-BR adalah peluang untuk peningkatan kualitas diri dan kompetensi mahasiswa,” terangnya.

Masih dikatakan, PkM-BR sebagai kesempatan untuk menerapkan dan meningkatkan pola pikir penelitian: temukan masalah, rumuskan masalah, kumpulkan data, dan analisa data.

Disebutkan beberapa program di masing-masing desa mulai kegiatan penguatan UMKM bagi perempuan, penguatan SDM bagi Guru TPQ, implementasi beasiswa bagi anak yatim, dan pemberdayaan masyarakat melalui pengumpulan G-Koint.

“Untuk itu hal tersebut perlu ditingkatkan secara keberlanjutan,” imbuhnya.

Sementara Camat Jombang Nurhadi yang baru 2 hari menjabat berharap mahaiswa ketika kembali ke kampus untuk segera menyelesaikan skripsinya dan bersiap akan terjun kepada kehidupan yang nyata di masyarakat.

“Modal awal PkM-BR sebagai mini riset oleh mahasiswa agar digunakan sebagai modal awal dalam penyusnan skripsi sebagai tugas akhir dalam studi di perguruan tinggi,”

Diketahui, kegiatan tersebut dihadiri jajaran kecamatan, perangkat desa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa.