Bagikan sekarang

Oleh : Rizqiyah Ratu Balqis,M.Pd (Dosen Prodi PGMI INAIFAS)

Ada yang bilang jika orang introvert maka ia tidak bisa atau bahkan tidak pandai berbicara di depan umum. Keterampilan untuk berbicara dengan baik di depan umum ini bisa disebut juga dengan istilah public speaking.

Tak sedikit orang menganggap bahwa berbicara dihadapan khalayak ramai menjadi momen menakutkan. Namun, sadarkah bahwa kemampuan public speaking itu penting untuk kehidupan sehari hari ? Bahkan untuk semua profesi butuh tambahan soft skill yakni kemampuan public speaking. Bayangkan begitu banyak hal yang bisa dilakukan dengan kemampuan ini. Mulai dari presentasi di kelas, memimpin rapat organisasi, memberikan pelatihan, dan banyak lainnya. Bagi profesi lainnya seperti pedagang bahkan seorang penjual di pasar tradisional secara offline sampai penjual online pun butuh kemampuan public speaking. Karena bukan hanya sekedar berani berbicara saja tapi bagaimana pesan dari pembicaraan tersebut dapat tersampaikan dengan baik kepada lawan bicara (audiens).

Lantas apakah orang introvert tidak bisa public speaking? hal tersebut tidak bisa dikatakan benar, dikarenakan bisa jadi orang yang memiliki sifat introvert mampu melakukan public speaking lebih tertata dibandingkan yang ekstrovert. Kemampuan public speaking tidak ada kaitannya dengan kecenderungan sifat seseorang, kemampuan public speaking menurut penulis pribadi sama dengan keterampilan-keterampilan lainnya yang bisa dilatih. Semakin tinggi jam terbang, akan semakin meningkat kepercayaan diri dan semakin bisa mengatur kesalahan.

Nah, itu tadi betapa pentingnya memiliki kemampuan public speaking yang baik, namun jangan khawatir bagi para pemula. Berikut beberapa tips public speaking untuk pemula

  1. Latihan dan kuasai materi, seperti yang telah dipaparkan sebelumnya bahwa public speaking bukanlah soal bakat, tapi seperti halnya keterampilan yang lain, public speaking pun juga bisa dilatih. Sebelum anda tampil di depan umum menjadi seorang pembicara yang terpenting dan utama adalah anda harus menguasai materi yang akan anda sampaikan kepada audiens. Kemudian berlatihlah bagaimana caranya agar materi yang anda sampaikan tersebut dapat diterima dan dipahami oleh audiens. Latihan yang bisa dilakukan salah satunya dengan cara berlatih di depan cermin dan kemudian direkam sehingga anda bisa melihat berulang dan menilai penampilan anda sendiri. Bisa juga dengan mengajak teman untuk saling berlatih sehingga anda akan mendapatkan kritik dan saran dalam penampilan anda.
  2. Kenali audiens, aspek yang penting dalam sebuah kegiatan public speaking adalah audiens. Jika anda tidak memiliki cukup pengetahuan untuk mengenali audiens anda, maka anda tidak akan pernah bisa sukses menjadi public speaker. Audiens adalah dasar dari setiap kegiatan public speaking. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui dan mempelajari audiens sebelum melakukan public speaking. Anda tidak dapat membuat orang lain terkesan dengan presentasi anda, jika anda tidak mempelajari siapa audiens anda dengan baik.
  3. Belajar intonasi dan ekspresi. Intonasi berkaitan dengan vokal, pembicara yang baik memiliki vokal yang baik. Vokal yang baik adalah suara yang enak didengar (audible), jelas, fasih, nadanya pas, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Ekspresi berkaitan dengan visual. Seorang public speaker bisa melatih ekspresi wajah yang tepat dan memikat di depan cermin sambil mengucapkan kata-kata dan memadukan dengan gerakan tangan atau gestur lainnya. Seorang public speaker harus bisa memilih ekspresi yang cocok dengan intonasi dan isi dari pesan yang disampaikan. Seperti contoh mengucapkan belasungkawa terhadap korban bencana alam tapi dengan ekspresi tertawa dan intonasi yang riang sangatlah tidak tepat. Karena intonasi dan ekspresi tidak sesuai dengan materi pesan yang disampaikan.
  4. Take the opportunity (ambil kesempatan). Setelah ketiga tips di atas sudah dilakukan maka selanjutnya adalah ambil setiap kesempatan yang ada. Oleh karena itu, bersiap-siaplah untuk mendapatkan kesempatan itu dan setelah kesempatan itu datang, anda tidak boleh menolaknya. Ambil kesempatan itu dan persiapkan diri sebaik mungkin. Jadikan setiap kesempatan berbicara di depan publik sebagai jembatan untuk meraih kesuksesan anda. Dan jangan pernah takut membuat kesalahan pada penampilan anda, karena semakin sering berbicara di depan umum maka semakin lihai dalam mengatur kesalahan sebagai bahan evaluasi pada penampilan anda selanjutnya.
Baca juga  Sosialisasi dan Pembekalan PPL/PkM Bravo 2022

Yuk praktikan mulai dari sekarang, sesaat setelah anda membaca artikel ini.