Bagikan sekarang

Oleh: Asni Furoidah, M.Pd.I (Dosen PBA INAIFAS)

Belajar bahasa Arab bagi sebagian orang terbilang susah-susah gampang. Selain sulitnya menemukan lembaga bahasa Arab secara gratis, biasanya juga pada tingkat penguasaannya yang rumit. Namun begitu, belajar bahasa Arab tetap menjadi bagian dari kebutuhan saat ini. Apalagi, bahasa Arab itu sendiri sangatlah penting dipelajari oleh seorang Muslim.

Keutamaan bahasa Arab amatlah jelas karena bahasa Arab adalah bahasa Al-Quran Al-Karim. Inilah yang menjadi alasan cukup besar kenapa kita harus mempelajari bahasa Arab. Keistimewaan bahasa Arab disebutkan dalam Al-Quran lebih dari sepuluh tempat, diantaranya pada ayat;

“Sesungguhnya telah kami buatkan bagi manusia dalam Al-Quran ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran. (Ialah) Al Quran dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan (di dalamnya) supaya mereka bertaqwa“. (QS. Az-Zumar: 27-28).

Dengan mempelajari bahasa Arab lebih mudah dalam menghafalkan, memahami, mengajarkan dan mengamalkan isi Al-Quran. Dengan modal bahasa Arab akan mudah pula dalam memahami hadits-hadits Nabi shallallahu alaihi wa sallam, menghafalkan, menjelaskan serta mengamalkannya.

Bagi seorang pelajar milenial ataupun yang sedang mendalami ilmu tafsir al-Quran, belajar bahasa Arab sangatlah penting guna membantu menyelesaikan program studi, juga membantu berkomunikasi dengan lawan bicara. Hal ini akan dikupas oleh penulis segelintir tips belajar bahasa Arab secara mudah dan praktis.

1. Niat yang Tulus

Sungguh, niat yang tulus merupakan modal awal sebelum melakukan segala aktivitas. Niat tulus dalam mempelajari bahasa Arab bertujuan untuk memudahkan seseorang dalam belajar yang diiringi oleh kesungguhan hati.

2. Akrab dengan Al-Quran

Membaca Al-Quran harian akan sangat membantu pelajar pemula dalam mempelajari bahasa Arab. Sebab dengan tilawah ini membantu mengakrabkan hati dan pikiran sehingga -sadar atau tidak- seseorang akan mudah memahami bahkan menghafal kosa kata bahasa Arab yang terdapat di dalam Al-Quran. Ditambah banyaknya mushaf terjemahan yang sering kita temui juga dapat memberikan andil bagi pelajar pemula untuk memahami makna yang terkandung di dalamnya.

Baca juga  Keterkaitan Haji dan Menikah di Bulan Dzul Hijjah

3. Belajar Mandiri via Online

Kemampuan bahasa Arab tidak dapat dipungkiri telah menjadi suatu hal yang cukup penting untuk dikuasai mengingat di era seperti ini informasi dapat tersebar luas dengan mudahnya, berbagai portal informasi menawarkan kemudahan dalam aksesnya, arus informasi pun berjalan begitu cepat. Berbagai informasi baik yang bersifat ringan sampai informasi berat seperti informasi-informasi yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan pun saat ini tidak hanya disampaikan melalui bahasa Indonesia, tetapi juga dalam bahasa asing. Aplikasi google translate pun seakan-akan menjadi penolong utama ketika dihadapkan dengan wacara berbahasa asing dan menjadi satu-satunya penolong handal disaat waktu genting.

Oleh karena itu, sebagai dampak positif dari kemajuan teknologi informasi, belajar bahasa Arab pun dapat dilakukan secara online. Lalu pertanyaannya dimanakah kita bisa menemukan situs belajar bahasa Arab online secara gratis? Saat ini memang telah banyak situs belajar bahasa yang tersebar di internet. Akan tetapi, kali ini penulis akan merekomendasikan beberapa situs yang dapat dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam belajar bahasa Arab.

10 Situs Belajar Bahasa Arab Gratis Terbaik

School Arabia. Dari namanya saja sudah bisa ditebak jika website ini adalah situs belajar bahasa Arab. Situs ini merupakan situs yang bisa diakses untuk mempelajari bahasa Arab.

Madinah Arabic. Beralamat di www.madinaharabic.com, situs ini menjadi salah satu situs belajar bahasa Arab gratis yang menggunakan bahasa Inggris.

Alef-Ba-Ta. Ingin mengajarkan bahasa Arab kepada anak-anak? Situs www.alef-ba-ta.com ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Situs Areeg. Situs belajar bahasa Arab ini bernama Areeg, yang merupakan situs dari Pemerintah Kuwait. Situs dengan alamat www.areeg.org ini dikembangkan oleh Pusat Pendidikan yang ada dan juga berkoordinasi dengan Mahad di Kuwait.

Baca juga  Silabus Pendidikan Seks dan Rumahtangga ala Pesantren (Bag.1) - Kajian Kitab Qurratul Uyun

Learn Arabic Online. Situs Learn Arabic Online dengan beralamat di www.learnarabiconline.com, ini merupakan salah satu situs dengan materi bahasa Arab yang lengkap.

Arabic Academy. Situs belajar bahasa Arab gratis yang satu ini menawarkan kursus bahasa Arab secara online.

Madinah Arabic. Madinah Arabic juga merupakan situs belajar bahasa Arab gratis yang bisa menjadi pilihan terbaik. Situs ini memberikan pelajaran bahasa Arab yang sangat lengkap.

Arabic Online. Selanjutnya, situs Arabic Online yang menawarkan pembelajaran bahasa Arab yang menarik dan berbeda dari yang lain. Pembelajaran yang diberikan di situs ini lebih interaktif fan juga modern. Situs belajar bahasa Arab online ini juga ditujukan untuk semua kalangan.

Mondly. Mondly adalah salah satu situs belajar bahasa Arab gratis yang memberikan pelajaran bahasa Arab bagi pengunjung situsnya.
Fluent in 3 Months. Situs belajar bahasa Arab gratis online terakhir adalah Fluent in 3 months. Situs ini sangat bagus karena langsung diajar oleh Benny yang merupakan penutur asli bahasa Arab. Situs ini memang situs yang sangat modern karena memberikan pelajaran bahasa Arab melalui podcast dan juga audio online.

4. Berlatih Berbicara

Langkah penting dalam mempelajari bahasa apa pun adalah dengan berlatih (praktik). Cara terbaik untuk mempelajari kosa kata baru adalah dengan melihat, mendengar, menulis dan mengucapkannya. Salah satu cara bagi pelajar untuk berlatih bahasa Arab adalah dengan cara mendengarkan audio visual berbahasa Arab seperti: berita, cerita singkat via youtube bahkan seringkali mendengarkan musik Arab.

Perbanyak perbendaharaan mufrodat dengan kalimat muhadatsah yang sudah dihafal. Bisa dilakukan sendiri, tapi lebih baik jika ada teman belajar bersama. Karena jika tidak, maka apa yang sudah kita hafal percuma. Peran guru juga sangatlah penting. Disamping itu akan ada yang mengoreksi jika terdapat kekeliruan dalam belajar.

Baca juga  Bolehkan Orang Kaya Menerima Daging Kurban Wajib ?*

Jika ikhtiar sudah maksimal, maka jangan lupa selalu sertakan Allah SWT dalam setiap usaha. Ingatlah bahwa hasil setara dengan usaha. “Barangsiapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah SWT akan mudahkan baginya jalan menuju surga”. (HR. Muslim, no. 2699)

Semoga bermanfaat.