Bagikan sekarang

Tingkatkan Kualitas Literasi, Penerima KIP Selenggarakan Bedah Buku

Hampir setiap seminggu sekali, mahasiswa penerima beasiswa KIP menyelenggarakan kegiatan.
Kali ini, mereka menggandeng Sinta Bella, penulis buku “Luka Pertiwi”. Kegiatan inj digelar dengan skema bertajuk “Garda Inspiratif” yang dikoordinir oleh Ginanjar Adi Saputra, S.Pd.I, staf khusus rektorat.

Sinta Bella merupakan Presiden DEMA INAIFAS 2018-2019 yang kreatif dalam pengolahan konten melalui tulisan maupun saluran YouTube-nya.

Acara yang digelar santai pada Minggu (12/09) dihadiri puluhan mahasiswa. Mereka sangat antusias mendengarkan ulasan isi buku yang disampaikan penulisnya.

“Buku ini lahir karena ketidaksengajaan yang berawal dari sebuah hati yg tersakiti,” tutur sang penulis yang biasa disapa Bella.

Terdapat dua makna yang diangkat dari kata “Pertiwi”, yaitu Perempuan dan Bumi Indonesia. Dengan demikian Bella memposisikan dirinya sebagai perempuan Indonesia dalam penulisannya. Tulisan dalam buku tersebut dia selesaikan dalam durasi 2018-2021.

“Mengkritik menggunakan karya tulis sebenarnya mencari aman, karena makna dari tulisan kita tergantung pada analisa pembaca. Itulah kenapa beberapa bait yang saya cantumkan dalam buku tersebut berisi kritikan,” papar Bella lebih lanjut.

Bait puisi terakhir dalam buku Luka Pertiwi sengaja ia buat karena menunjukkan bagaimana rasa sayangnya untuk sang ibu tercinta, hingga kemudian ia ingin menghadiahkan buku Luka Pertiwi untuk mendiang ibunya.

“Motivasi dari perjalanan Kak Bella mulai dari menulis hingga dengan menerbitkan buku tersebut, membuat kami terinpirasi dan tak mau kalah untuk giat mendalami bakat dalam penulisan. Kak Bella juga menjelaskan, menulis bukanlah suatu kemampuan yang Allah berikan langsung kepada mahklukNya, akan tetapi kemampuan yang harus digali, dipelajari, dan didalami hingga menjadi seorang penulis profesional.” kata Umi Khunainah, penerima beasiswa KIP 2021.

Baca juga  Gus Rijal Beberkan Tips Mudah Menulis Artikel Populer

(Laporan Kegiatan ini ditulis oleh Ginanjar Adi Saputra, S.Pd.I., staf khusus Rektorat sekaligus koordinator dan penanggungjawab kegiatan KIP)