Bagikan sekarang

Program Studi Pendidikan Bahasa Arab mengadakan pelatihan pembuatan buku ajar dan modul MK bahasa Arab ber-ISBN belum lama ini, (11/9/2021). Acara yang diikuti oleh seluruh dosen pendidikan bahasa Arab ini bertempat di ruang laboratorium lt.5 Kampus II Institut Agama Islam Al-Falah Assunniyyah Kencong Jember. Hadir sebagai narasumber Bapak Fina Aunul Kafi, M.Pd.I., selaku Kaprodi PBA.

“Buku ajar BA merupakan salah satu penunjang untuk mahasiswa dalam belajar. Dosen sebagai pengajar dan pendidik mahasiswa, saat ini didorong untuk membuat buku ajar sesuai mata kuliah yang diampu. Dalam penulisan buku ajar minimal 50 halaman sesuai materi yang diajarkan selama satu semester.” jelas Pak Fina, sapaan akrab pria kelahiran Tuban ini.

Pak Fina melanjutkan, tujuan dari adanya buku ajar dibuat supaya memudahkan mahasiswa mempelajari materi yang diajarkan oleh dosen yang bersangkutan. Misal, dosen memberikan referensi kepada mahasiswa untuk membaca 5 buku referensi. Sehingga adanya buku ini, sudah dirangkum ke dalam satu buku, ungkapnya.

“Rekan-rekan dosen PBA selain membuat buku ajar yang ber-ISBN, juga membuat modul pembelajaran sesuai mata kuliah yang diampu. Saya harapkan semangat rekan-rekan dosen yang ikut dalam pelatihan pembuatan buku ajar ini, kedepan bisa menyelesaikan minimal satu buku ajar. Ini bisa memotivasi rekan lainnya untuk terus berkarya melalui tulisan berdasarkan pada pengalaman ketika mengajar,” tambahnya.

Salah satu tujuan diadakannya pelatihan pembuatan buku ajar ini adalah sebagai trigger untuk para dosen supaya lebih giat dalam menulis buku serta mengetahui kaidah ilmiah sesuai ketentuan yang berlaku. Demikian tukas Asni Furoidah, M.Pd.I selaku dosen PBA Putri.

Dalam pelatihan tersebut, seluruh dosen membuat bagan buku ajar mata kuliah yang diajarkan sesuai arahan dari Kaprodi. Kemudian hasil rancangan buku ajar dipresentasikan satu persatu didepan untuk memperoleh masukan dari dosen lainnya. Setelah rancangan buku ajar ajar selesai, barulah disetorkan kepada Kaprodi untuk diproses ISBN buku tersebut.

Baca juga  Silabus Pendidikan Seks dan Rumahtangga ala Pesantren (Bag.2) - | - Kajian Kitab Uqudul Lujain

Keunggulan buku ajar ber-ISBN, antara lain, bisa dipakai oleh mahasiswa pendidikan bahasa Arab maupun di kampus lain. Selain itu penulis akan mendapatkan insentif sesuai proporsi mereka sendiri dan tertera dalam aturan yang berlaku pada setiap Perguruan Tinggi. Sehingga dengan adanya pelatihan ini dapat membantu dan menambah pengetahuan bagi dosen dalam merancang sampai menerbitkan buku ber-ISBN. Baik buku ajar, modul, maupun buku monograf.

“Apalagi pihak kampus saat ini sudah menyediakan tunjangan khusus bagi penulis, baik artikel jurnal maupun buku. Inisiatif dari Prodi PBA ini bisa diduplikasi oleh prodi lain,” kata Dekan Fakultas Tarbiyah, M. Bustanul Ulum, M.Pd.I

(Laporan kegiatan ini ditulis oleh Bu Asni Furoidah, M.Pd.I., dosen Prodi PBA)