Bagikan sekarang

Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL-2) yang diikuti oleh para mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong Jember diharap dapat mewujudkan hubungan dan kerjasama antara kampus Inaifas dengan SMAN 1 Yosowilangun.

Hal itu disampaikan Dr. Titin Nurhidayati, M.Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan pada acara penerjunan dan penyerahan mahasiswa PPL-2 di SMAN 1 Yosowilangun di Gedung Auditorium pada Rabu (14/09/2022).

“PPL-2 ini, merupakan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman menjadi guru yang sebenarnya kepada mahasiswa,” katanya.

Disebutkan, ini merupakan kali pertama SMAN 1 Yosowilangun menerima mahasiswa PPL-2 Inaifas. Sejumlah 8 mahasiswa yang diterjunkan, 5 diantaranya dari prodi PAI dan 3 diantaranya dari prodi BKPI.

Waka Humas SMAN 1 Yosowilangun Drs. Suryono, mewakili Kepala Sekolah menuturkan bahwa kehadiran para mahasiswa PPL-2 Inaifas sangat diterima dengan lapang dada. Pihaknya berharap kehadiran tersebut dapat menjalin hubungan dan kerjasama antara Inaifas dengan Smayo serta memberikan manfaat bagi lembaga tersebut maupun bagi para mahasiswa peserta PPL-2.

“Semoga adik-adik mahasiswa bisa betah di sini,” harap dia.

Diketahui, delapan mahasiswa tersebut antara lain; Supiyani Putri Kumala, Muhammad Deni Efendi, M. Khoirudin Alfan Zuhri, Moh. Al Amin Ashofi dan Siti Aliyatul Azizah dari Prodi PAI serta Zilmi Armanda Putri, Faizatul Izza dan Rosydatul Mu’awanah dari Prodi BKPI.

Para mahasiswa PPL-2 yang sebelumnya telah digembleng dengan serangkaian materi saat pembekalan merasa lebih confident. Hal ini dialami oleh salah satu mahasiswa yang bernama Siti Aliyatul Azizah.

Diriya merasa ter-preasure karena ditempatkan di salah satu SMA metropolitan di wilayah Yosowilangun Kabupaten Lumajang ini. Namun karena sambutan hangat dan keramahan dari dewan guru dan warga Smayo, tekanan tersebut berubah menjadi motivasi yang dapat mendorong mentalnya sehingga dia lebih percaya diri dan lebih bersemangat dalam menjalani kegiatan PPL-2 ini.

Baca juga  INAIFAS Temui Ban-PT.

Laporan PPL-2. DPL: Dr. Titin Nurhidayati, M.Pd.