Bagikan sekarang

HMPS PGMI (Himpunan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah) INAIFAS Kencong menggelar acara Talk Show ke-PGMI-an dan MKMB (Menjalin Keakraban Mahasiswa Baru) PGMI dengan tema “PGMI dari Masa ke Masa”.

Acara ini diselenggarakan di kampus induk INAIFAS, di mulai pada pukul 14.00– 16.20 WIB. Acara talk show dan MKMB PGMI ini dihadiri sebanyak 39 peserta dari angkatan 2017-2021 serta dosen-dosen PGMI. Acara dimulai dengan pembacaan kitab suci al-Qur’an, menyanyikan lagu kebangsaan nasional, Yalal Wathon dan Mars INAIFAS oleh seluruh peserta yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua HMPS PGMI Periode 2020/2021, Mandataris Presiden Mahasiswa DEMA-I INAIFAS, Kaprodi PGMI, dan Dekan Fakultas Tarbiyah.

Kaprodi PGMI, Ibu Mar’atus Sholihah, M.Pd.I dan Dekan Fakultas Tarbiyah, Bapak M. Bustanul Ulum, M.Pd.I menguatkan mahasiswa baru untuk aktif dan berdedikasi dalam mengikuti kegiatan-kegiatan ke-PGMI-an, terutama kegiatan HMPS. Karena kegiatan-kegiatan di luar bangku kuliah akan mampu memberikan soft-skill kepada mahasiswa yang bermanfaat nantinya ketika mahasiswa telah menyelesaikan pendidikan sarjana. Namun, mahasiswa juga diarahkan untuk tetap menyeimbangkan kegiatan akademik dan kegiatan non-akademik, yaitu kegiatan berorganisasi.

Dua narasumber hadir dalam acara ini, Ibu Khurin’in Ratnasari, M.Pd. selaku dosen PGMI dalam bidang Pendidikan Matematika dan Statistik serta Mbak Susi Nur Fadilah, S.Pd. selaku alumni PGMI angkatan pertama yang membawa nama harum PGMI INAIFAS di tingkat nasional dengan berbagai keikutsertaannya pada kegiatan IMPI (Ikatan Mahasiswa PGMI Se-Indonesia).

PGMI INAIFAS sendiri merupakan prodi baru yang sudah berkembang sejak Tahun 2016.

“PGMI INAIFAS dari masa ke masa berkembang dengan baik, dengan adanya prestasi-prestasi yang telah diraih oleh para dosen PGMI atau pun dari mahasiswanya. Tidak lupa tetap utamakan adab di mana pun, sebab orang berilmu belum tentu beradab dan orang beradab pasti berilmu, sebagai calon pendidik tumbuhkan pendidikan karakter bernilai pada diri kita agar kita dapat menyalurkan juga pada anak didik kita nanti.” ujar Bu Khurin, narasumber utama.

Baca juga  Tingkatkan Kualitas Dosen, Prodi PBA Gelar Diklat Pembuatan Buku Ajar

Setelah uraian Ketua Pengelola Jurnal INAIFAS di atas, penyampaian materi selanjutnya diutarakan oleh narasumber kedua, Mbak Susi Nur Fadilah, S.Pd. yang sekarang sudah aktif menjadi seorang guru di MI.

Mbak Susi menegaskan bahwa semua yang mengambil Prodi PGMI otomatis akan masuk dalam keanggotaan HMPS PGMI. “Kita sebagai mahasiswa harus banyak mencari pengalaman lewat organisasi, jangan hanya menjadi mahasiswa kupu-kupu alias kuliah pulang-kuliah pulang. Penting kiranya untuk aktif di organisasi keprodian tingkat nasional, yaitu IMPI selain tingkat lokal. IMPI memberikan banyak sekali akses pada pengembangan akademik dan non-akademik mahasiswa melalui perkumpulan-perkumpulan yang diadakan setiap tahunnya, seperti Muswil (Musyawarah Wilayah) dan Mubes (Musyawarah Besar).” kata Mbak Susi, sapaan akrab narasumber kedua ini.

Agenda rutinan HMPS PGMI ini sudah kesekian kalinya dilakukan selain agenda-agenda yang berbentuk lomba, baik bagi peserta didik jenjang madrasah ibtidaiyah maupun perlombaan pada jenjang perguruan tinggi.

“Semoga ke depannya PGMI bisa berkembang dengan banyaknya prestasi-prestasi dan kontribusi-kontibusi yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswanya.” tutur Bu Mar’atus Sholihah, M.Pd.I, Kaprodi PGMI.

(Laporan kegiatan ini ditulis Mar’atus Sholihah dan Anti Lestari)