Bagikan sekarang

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember melakukan studi lapangan ke Sekolah Luar Biasa (SLB) Samala Nerugrasa 1 Kunir, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang pada Selasa (13/12/2022).

Hadir dalam kegiatan itu dosen sekaligus pembina HMPS BKPI Inaifas Puji Maulana, M.Pd beserta mahasiswa BKPI semester V.

Pembina HMPS BKPI Inaifas Puji Maulana, M.Pd. mengatakan maksud kegiatan tersebut adalah dalam rangka kunjungan sekaligus studi lapangan di lembaga tersebut.

“Kegiatan juga bekerja sama dengan pengurus HMPS BKPI sebagai partner pada saat studi lapangan berlangsung,” katanya.

Ia menjelaskan, SLB Samala Nerugrasa 1 ini merupakan sekolah luar biasa yang terletak di Jalan Kasmari No.02 Kunir Lor, Kelurahan Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang.

Kepala SLB Samala Nerugrasa 1 Kunir, Anik Handriyani menuturkan bahwa sekolah tersebut berdiri sejak 18 Juli 1993. Sementara sekolah penggeraknya merupakan angkatan pertama dari 12 SLB di Jawa Timur. Ia menjelaskan, SLB ini terdapat tiga jenjang sekaligus yaitu SD, SMP dan SMA serta melayani pengajaran bagi siswa berkebutuhan khusus untuk mendapatkan keterampilan dan kemampuan dasar.

“Yaitu dengan kategori tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna Intelegensi, tuna daksa dan autis,” ujarnya.

Disebutkan, SLB Samala Nerugrasa 1 Kunir ini memiliki 10 guru yang kompeten dalam mendidik siswa dengan strategi yang disesuaikan berdasarkan anak didik. Tersedia juga berbagai fasilitas sekolah seperti ruang kelas yang nyaman dan bersih.(umirfq)

Baca juga  Lembaga Legislatif dan Eksekutif Mahasiswa INAIFAS Gelar MUSMA.