Bagikan sekarang

Oleh: Asni Furoidah M.Pd.I (Dosen Pendidikan Bahasa Arab)

Pada hari sabtu 20 November 2021 kemarin, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Skripsi ‘21 dan Launching Jurnal An-Nuqtah” kepada para mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab Semester VII yang akan menulis tugas akhir (skripsi). Tujuan dari kegiatan ini adalah mengenalkan panduan tugas akhir (skripsi) agar mahasiswa dapat mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai menyusun skripsi dengan sistematika penulisan yang tepat sesuai dengan aturan penulisan ilmiah dan gaya penulisan Prodi PBA.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, bapak Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab memberikan arahan pedoman penulisan skripsi mulai dari mekanisme bimbingan skripsi digital, sistematika penulisan, penentuan jumlah halaman skripsi, penulisan transliterasi Arab, cek plagiasi, penulisan kutipan dan referensi, tugas dan tanggungjawab DPS/mahasiswa bimbingan hingga mekanisme ujian munaqasah digital.

Pada kegiatan tersebut, mahasiswa diarahkan untuk menulis skripsi secara sederhana, mudah dan cepat (simple, easier, faster). Diantara kemudahan dalam penyelesaian skripsi ialah dengan adanya, 1) pengurangan jumlah halaman, semisal: mahasiswa sudah bisa melaksanakan seminar proposal hanya dengan 5 halaman saja sesuai format penulisan dibuku panduan, 2) bimbingan skripsi digital, mahasiswa hanya mengirimkan file office word tiap BAB kepada DPS via Whatsapp/Email, 3) penulisan kutipan, mahasiswa diajarkan mengutip kalimat langsung dan tidak langsung menggunakan APA Style, 4) referensi, jumlah minimal 20 referensi yang terbagi atas 80% jurnal ilmiah/sinta/scopus dan 20% buku ber-ISBN, dan 5) cek plagiasi, mahasiswa dibantu untuk cek plagiasi via Turnitin oleh pihak kampus.

Bapak Kaprodi juga memberikan kebijakan bahwa skripsi kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu semua dokumen skripsi mulai dari bimbingan hingga ujian munaqasah semuanya harus berbasis digital agar memudahkan mahasiswa dalam meminimalisir biaya yang terbuang sia-sia.

Baca juga  TES MASUK CALON MABA Gel. 02

Diharapkan setelah mengikuti sosialisasi tersebut, mahasiswa mampu memiliki gambaran pemetaan skripsi yang akan dikerjakan. Sehingga mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab bisa selesai tepat waktu dan mengimplementasikan keilmuan sesuai dengan keahlian masing-masing.

Diakhir acara, semua mahasiswa bersorak ria dengan adanya “Launching Jurnal an-Nuqtah” sebagai langkah awal pencapaian hasil riset produk mahasiswa Prodi PBA INAIFAS Kencong. Semoga dengan adanya jurnal mahasiswa PBA ini, menambah semangat berkarya dalam hal penulisan karya ilmiah sebagai khasanah keilmuan serta penunjang proses pendidikan.

Link Ejournal Jurnal an-Nuqtah

https://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/An-Nuqthah/about

Salam PBA Bravo!!