Bagikan sekarang

PPL/PkM Bravo (Based on Research & Innovation)
Oleh: Asni Furoidah M.Pd.I (Dosen Pendidikan Bahasa Arab INAIFAS)

Pada pertengahan bulan Maret lalu, Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) mengadakan kegiatan sosialisasi & pembekalan PPL/PkM Bravo 2022 di Gedung Lt.5 Kampus II INAIFAS Kencong Jember.

PPL/PkM Bravo sendiri merupakan agenda tahunan prodi PBA sebagai ajang praktek pengalaman lapangan dan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan mengenalkan serta memberikan pengalaman belajar kepada Mahasiswa PBA agar menjadi calon guru bahasa Arab yang professional sesuai dengan keahlian masing-masing.

Pelaksanaan kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa PBA semester 7 beserta segenap dosen PBA.

M. Abdul Ghofur, M.Pd, selaku ketua tim PPL/PkM PBA Bravo menyampaikan arahan dan kebijakan pelaksanaan PPL/PkM hingga penulisan laporan dan jurnal kemahasiswaan An-Nuqtah. Pak Ghofur, sapaan akrabnya, berharap agar mahasiswa benar-benar mampu mengaplikasikan semua materi pembelajaran yang telah didapatkan pada bangku perkuliahan dan menjaga nama baik Institusi selama proses pelaksanaan PPL/PkM berlangsung.

Sosialisasi & Pembekalan PPL/PkM Bravo berlangsung pada hari Ahad, 13 Maret 2022 pukul 08.00-13.00 WIB. Mahasiswa menerima 6 materi sebagai alur kegiatan PPL/PkM Bravo, antara lain: Materi 1, Langkah-Langkah Perencanaan PPL/PkM, yang berisikan proses kerjasama antara pihak kampus dengan lembaga PPL/PkM. Materi 2, Pelaksanaan. Materi 3, Pengajaran dan Penyusunan Perangkat Pembelajaran. Materi 4, Perencanaan Riset. Materi 5, Penulisan Laporan Riset. Materi 6, Penulisan Jurnal, sebagai hasil riset PPL/PkM Bravo.

Program PPL dilaksanakan selama 40 hari sejak penerjunan mahasiswa PPL dan dilaksanakan dilembaga yang terdekat dengan alamat rumah Mahasiswa yang bersangkutan. Selama pelaksanaan PPL, mahasiswa Prodi PBA didampingi oleh guru pamong pengampu bahasa Arab. Sebelum melaksanakan kegiatan PPL, mahasiswa diharapkan merencanakan riset. Metode riset tidak dibatasi, boleh menggunakan kualitatif, kuantitatif, mix method, R&D atau meramu sendiri langkah-langkah riset dengan ketentuan tidak keluar dari keilmiahan riset dan dapat dipertanggungjawabkan.

Baca juga  Tradisi Kupatan, Lebaran Khas Orang Jawa

Perencanaan riset harus didiskusikan dengan DPL. Objek riset meliputi: media pembelajaran, metode pembelajaran, bahan ajar, evaluasi pembelajaran, kompetensi bahasa, problematika pembelajaran, soal dan pengukuran hasil belajar, model pembelajaran dan lain sebagainya yang berkaitan dengan pembelajaran dan pengajaran bahasa Arab pada tingkat MI/MTs/MA.

Selain itu, mahasiswa juga harus melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai bentuk perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan PkM ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Assunniyyah selama 1 bulan penuh. Para mahasiswa mengabdikan dirinya sebagai guru bahasa Arab yang ditugaskan untuk mengenalkan pelajaran bahasa Arab kepada para santri.

Setelah pelaksanaan PPL/PkM ini, mahasiswa diharapkan mampu menyusun laporan PPL/PkM berbasis riset dan men-submit naskah jurnal pada OJS dengan bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yang nantinya hasil riset mahasiswa akan dipublikasikan pada laman jurnal An-Nuqtah sebagai hasil akhir pelaksanaan PPL/PkM Bravo ini.

Salam PBA Bravo!!