Bagikan sekarang

Selasa (7/9/21), sebanyak 46 mahasiswa mengikuti sidang skripsi. Sebagian wajah mereka tegang, sebagian lagi terlihat rileks. Ujian kali ini merupakan bagian dari Gelombang IV. Rinciannya, mahasiswa Prodi PAI sebanyak 33, ES ada 5, sedangkan BPKI sejumlah 3. Sisanya mahasiwa Prodi PGMI, sejumlah 3.

“Kami berharap apabila jumlah ini lebih meningkat lagi pada sidang gelombang selanjutnya,” tutur Dekan Fakultas Tarbiyah, M. Bustanul Ulum, M.Pd.I. Sebagai fakultas dengan jumlah mahasiswa terbanyak, pihaknya juga mentargetkan “bersih-bersih” mahasiswa semester akhir. Menurutnya, mahasiswa semester akhir yang sudah mengajukan judul tapi tidak segera merampungkan skripsinya dimediasi oleh pihak kampus untuk mengutarakan masalahnya.

“Mahasiswa gaek atau di atas semester VIII sudah kami kumpulkan beberapa bulan lalu di kampus. Ternyata jumlahnya banyak dan mereka mengalami kendala. Alhamdulilah hal ini sudah kami sampaikan ke pihak Wakil Rektor I, Bapak Asnawan.” kata Pak Ibus.

Di antara kendala yang ada biasanya berkaitan dengan nilai yang belum keluar, komunikasi dengan pembimbing yang sangat sibuk, hingga kendala keuangan. Semuanya, menurut Pak Ibus, sudah bisa diatasi secara bertahap.

Di sisi lain, Wakil Rektor I, Dr. Asnawan, M.Si., menyambut gembira peningkatan progres jumlah mahasiswa yang mengikuti munaqosyah ini. “InsyaAllah, kami adakan lagi gelombang berikutnya sehingga dalam wisuda tahun ini pesertanya juga semakin banyak,” kata Pak Asnawan.

Setelah munaqosyah, tampak para mahasiswa berpose di halaman depan kampus induk. Mereka menampakkan wajah ceria, dan sebagian mengabadikan momen bersejarah ini melalui kamera, lantas mengunggahnya di laman media sosialnya. “Alhamdulillah, finish. Kuucapkan terimakasih kepada kedua orangtuaku yang sudah mendukung pendidikan Halimah. Dan kuucapkan terimakasih pula untuk suamiku yang sudah bersabar menemani setiap langkahku. Dan terimakasih yang banyak untuk dosen pembimbingku, Pak Bustanul Ulum, dan Pak Amak Fadholi yang sudah sabar membimbing saya.” tulis salah satu peserta sidang skripsi Gelombang IV, Halimatus Sa’diyah, di laman fesbuknya. (adm.)