Bagikan sekarang

Bulan Ramadhan ini, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong, Jember kembali menyelenggarakan program bingkisan lebaran bagi anak Yatim.

Program tersebut merupakan kali kedua setelah diselenggarakan tahun 2021 kemarin. Kegiatan ini merupakan serangkaian acara Semarak Ramadhan 1443 H yang digelar oleh INAIFAS pada tahun ini.

Johan Idrus Tofaynuddin, M.Pd menjelaskan telah diterimakan 31 bingkisan lebaran kepada anak Yatim disekitar kampus wilayah Jombang, Kencong dan Gumukmas.

“Anak-anak yatim kami undang, kami ajak sholat tarawih kemudian berangkat menuju pasar/toko tradisional kencong yang telah bekerjasama dengan INAIFAS,” terang Johan selaku Koordinator penanggung jawab teknis, Minggu (17/04/2022).

Adapun skema penyaluran ada 3 kategori. Pertama, anak yatim mendapatkan voucher belanja, yang dibelanjakan sesuai kebutuhan dan seleranya. Kedua, anak Yatim mendapatkan bingkisan alat sekolah hingga buku panduan sholat dan al-Qur’an. Ketiga, mendapatkan uang saku lebaran.

Menurut dia, lanjut Johan, cara seperti ini dipakai karena lebih efektif. Sebab anak yatim bisa memilih busana secara leluasa sesuai selera. Selebihnya, belanja di pasar tradisional juga bisa menggerakkan ekonomi masyarakat bawah.

“Tujuan dari kegiatan ini tak lain ialah untuk mensejahterakan anak yatim dalam hal material maupun non meterial, mewujudkan kepedulian terhadap anak yatim serta menumbuhkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan,” tambahnya.

Pada malam puncak Semarak Ramadhan 1443 H yang akan dihelat pada 21 April 2022 di Kampus INAIFAS nanti, ada tambahan penerima untuk 10 Anak Yatim. Sehingga total penerima ada 41 anak Yatim.

Rangkaian acara yang akan digelar pada puncak Semarak Ramadhan 1443 ialah Pembacaan Khotmil Qur’an oleh mahasiswa, Pembacaan Juz Amma oleh seluruh struktural, dosen dan staf/karyawan.

Selanjutnya dilakukan pembagian bingkisan dan beasiswa akademik dan non akademik, diantaranya beasiswa PMII, IPNU-IPPNU, beasiswa modal usaha dan, beasiswa tahfidz.

Baca juga  BEM INAIFAS & Intra Publik Gelar Seminar "Santri Melek Anggaran"

Akan turut hadir para tamu undangan pada acara Semarak Ramadhan 1443 tersebut yang akan memberikan arahan dan pembinaan, diantaranya Ketua Yayasan KH. Ahmad Sadid Jauhari, Ketua Dewan Pembina Yayasan KH. Ahmad Khoir Zad Maddah, Ketua pertama INAIFAS sekaligus Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember dan menjadi Wakil Ketua MUI Prov. Jawa Timur, Prof. Dr. KH. Abdul Halim Soebahar, MA.

Lebih lanjut, Rektor INAIFAS Kencong, Jember, Rijal Mumazziq Zionis, M.H.I mengatakan program Bingkisan Lebaran Anak Yatim tahun ini semakin banyak dukungan dari lembaga lain.

Hal itu berkat buah kerja sama dan dukungan dari beberapa pihak, diantaranya Lembaga Yatim Mandiri, Nurul Hayat, NU Care Lazisnu Cabang Kencong, NU Care Lazisnu Jawa Timur, Founder Dunia Santri Comunity, BSI Kencong, UD. Berkah Jati Mulyo Jombang, UMMI Foundation, UPZIS INAIFAS dan, para donatur perseorangan.

“Semoga program Bingkisan Lebaran Anak Yatim ini menjadi program rutinan pada momentum ramadhan ataupun harlah INAIFAS. Semoga juga semakin banyak yang berkontribusi dalam program ini,” tandasnya.