Bagikan sekarang

Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong menggelar Yudisium ke-II dengan meluluskan 135 mahasiswa di Auditorium Lantai I Kampus setempat, Rabu (28/12/2022).

Mereka terbagi dalam tiga fakultas dan enam program studi. Disebutkan, lulusan program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) berjumlah 49, program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berjumlah 14, Pendidikan Bahasa Arab (PBA) 25, dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) berjumlah 9 mahasiswa.

Sementara lulusan program studi Hukum Keluarga Islam (HKI) berjumlah 36 mahasiswa dan program studi Ekonomi Syariah (ES) 2 mahasiswa.

Dekan Fakultas Tarbiyah, M Bustanul Ulum, M.Pd menjelaskan Yudisium adalah salah satu proses sebelum kelulusan atau wisuda yang mesti dilewati mahasiswa. Keduanya, yudisium dan wisuda menjadi proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik di perguruan tinggi.

“Mahasiswa yang sudah melangsungkan ujian dan memperoleh nilai skripsi tidak serta merta lulus sebelum dinyatakan penetapan lulus yudisium oleh fakultas,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, Yudisium juga berarti pengumuman nilai kepada mahasiswa sebagai proses penilaian akhir dari seluruh mata kuliah yang sudah diambil mahasiswa dan penetapan nilai dalam transkrip akademik, serta memutuskan lulus atau tidaknya mahasiswa dalam menempuh studi selama jangka waktu tertentu.

Sementara Dekan Fakultas Syariah dan FEBI, Moh Nahrowi, M.Pd mengucapkan apresiasi dan selamat kepada mahasiswa yang telah dinyatakan lulus melalui proses Yudisium ini.

“Selamat anda sudah sah menjadi sarjana dan calon wisudawan-wisudawati,” kata Nahrowi disambut tepuk tangan peserta Yudisium.

Dirinya juga berpesan kepada lulusan agar tetap memuliakan guru dan mengamalkan ilmu yang telah didapat.

“Kami berharap, semoga ilmu yang dipelajari dapat bermanfaat dan memberikan keberkahan untuk sekitarnya,” tuturnya.

Diketahui, hadir dalam kegiatan ini Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Wakil Rektor IV. Selain itu hadir pula dekan, kaprodi beserta struktural Inaifas.