Bagikan sekarang

Oleh: Asni Furoidah, M.Pd.I (Dosen PBA INAIFAS)

Baru-baru ini program studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) melakukan penandatanganan kerjasama dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) dengan Universitas Darussalam (Unida) Gontor pada Rabu (18/01/2023 di Kampus II Inaifas.

Sebagai institusi pendidikan, pengembangan sumber daya manusia tidak hanya dilakukan secara internal, melainkan secara eksternal juga sangat diperlukan. Melalui kerja sama antar lembaga, diharapkan adanya kerja sama tidak saja terbatas di bidang akademik tetapi non akademik.

Kerjasama yang dimaksudkan dalam hal ini adalah semua kegiatan yang dijalankan mulai dari kesepakatan kerjasama, pelaksanaan kerjasama sampai kepada keberlanjutan kerjasama yang digali antara prodi Pendidikan Bahasa Arab dengan mitra kerjasama, baik di bidang pengajaran, penelitian maupun kemahasiswaan yang dituangkan dalam kesepakatan bersama atau perjanjian kerja sama yang ditandatangani oleh pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan kerja sama tersebut.

Bapak Bustanul Ulum, M.Pd selaku Dekan Fakultas Tarbiyah INAIFAS menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi civitas akademika terutama dalam menunjang akreditasi institusi. Dirinya juga menyampaikan rasa terima kasih kepada dosen UNIDA yang telah menyempatkan hadir serta memberikan banyak ilmu kepada para mahasiswa PBA INAIFAS dalam acara seminar pendidikan.

Setelah acara penandatanganan kerjasama dalam bentuk MoU selesai, acara dilanjutkan dengan seminar pendidikan dengan tema ‘Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era 5.0’ oleh narasumber bapak Achmad Farouq Abdullah, S.Pd.I., M.Pd.I.

Salah satu Dosen UNIDA Gontor ini menyampaikan materi terkait media pembelajaran bahasa Arab di kalangan generasi milenial. Seminar ini bertujuan untuk mencari inovasi-inovasi baru dalam pembuatan media pembelajaran bahasa Arab agar bahasa Arab semakin mudah dipelajari dan semakin banyak diminati khususnya para pelajar tingkat menengah ke bawah.

Baca juga  Euforia Sidang Skripsi : Catatan Menjelang Wisuda

Dalam kesempatan ini, ia juga menceritakan perjalanan akademiknya hingga menciptakan sebuah media pembelajaran bahasa Arab berbentuk kartu bergambar (flashcard). Media pembelajaran dalam bentuk kartu menjadi salah satu inovasi dalam pengembangan berbahasa khususnya maharah qiroah. Selain itu, peran guru juga sangat berpengaruh dalam proses pembentukan karakter siswa karena sebaik-baiknya metode/media pembelajaran tidak akan sempurna tanpa adanya seorang guru, sebagaimana peribahasa Arab mengatakan:


الطريقة أهم من المادة
والمدرس أهم من الطريقة
وروح المدرس أهم من مدرس نفسه

Di samping itu, media pembelajaran juga harus menyesuaikan kondisi dari peserta didik. Media pembelajaran dibuat melalui proses analisis terhadap kebutuhan siswa yang disesuaikan dengan kemampuan berbahasa seperti: istima, kalam, qiroah dan kitabah.

Menurut Munif Chatip (2012), penulis buku ‘GURUNYA MANUSIA’ mengatakan bahwa tidak ada anak yang bodoh, yang ada adalah guru yang tidak mau belajar untuk mengajar yang sesuai dengan gaya belajar anak. Serta pola pendidikan anak yang disesuaikan dengan zamannya, sebagaimana sabda Rasulullah SAW menyatakan sebagai berikut: Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka bukan zamanmu. Sesungguhnya mereka diciptakan untuk zamannya, sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian (H.R. Ali Bin Abi Thalib).

Hal ini dapat diartikan bahwa guru senantiasa mendidik seluruh peserta didik sesuai dengan zamannya, dimana anak tersebut berpijak, bukan sesuai dengan zamanmu/guru tersebut, karena mereka hidup bukan pada zamanmu.

Diakhir kegiatan, pak Ghofur selaku ketua prodi PBA INAIFAS menyampaikan pesan kepada teman-teman mahasiswa PBA semester akhir agar selalu berinovasi dalam belajar bahasa Arab karena mereka nantinya adalah calon-calon pendidik generasi selanjutnya dan sebagai penutup acara kegiatan ini, ia juga memberikan cinderamata sebagai bentuk kenang-kenangan kepada Dosen UNIDA Gontor dan begitupun sebaliknya.

Baca juga  Jalan Sehat Meriahkan Milad 24 Tahun Inaifas

Diketahui, kegiatan ini dihadiri oleh seluruh mahasiswi PBA INAIFAS, dosen PBA dan sejumlah guru bahasa Arab.

Salam PBA Bravo!!