Bagikan sekarang

Kencong, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Rayon Fakultas Tarbiyah Komisariat INAIFAS menggelar kegiatan Taman Baca dan Literasi Rakyat setiap hari minggu bertempat Alun-Alun Kencong Kecamatan Kencong Kabupaten Jember

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat. UNESCO menyebutkan Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia, artinya minat baca sangat rendah. Menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat memprihatinkan, hanya 0,001%. Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, cuma 1 orang yang rajin membaca.

Hal tersebut direspon Ketua Rayon Fakultas Tarbiyah INAIFAS sahabat M. Bachrul Mutawassith bahwa dengan membaca seseorang dapat menambah informasi dan memperluas ilmu pengetahuan serta kebudayaan. Kegiatan membaca erat hubungannya dengan minat membaca itu sendiri, tanpa adanya minat seseorang tidak akan tertarik untuk membaca. Minat merupakan faktor yang sangat penting yang ada dalam diri setiap manusia.

Oleh karenanya dalam jajaran pengurus di internalnya tetap melanjutkan dan berencana akan terus mengembangkan agenda ini dalam rangka menumbuhkembangkan minat baca masyarakat dengan nuansa lebih berbeda bukan di dalam ruangan melainkan di luar ruangan atau outdor.

“Alasannya sederhana, agar supaya lebih enjoy dan tidak mudah jenuh” Ujar Arul sapaan akrabnya

Perlu diinformasikan bahwa pada Taman Baca dan Literasi Masyarakat ini sudah berdiri sejak kepengurusan sahabat Gandys Nanda Indriawan kemudian dilanjutkan kepengurusan sahabat Iltiqo’ Dhurry Ghurory hingga kepengurusan saat ini.

“Monggo, kami buka setiap hari minggu” pungkasnya

Taman Baca dan Literasi Rakyat ini tersedia berbagai macam buku, mulai dari tingkat SD/SMP/SMA dan buku-buku umum baik dari bidang hukum, politik, sosial, ekonomi dan budaya serta buku biografi tokoh, pahlawan dan lain-lain.(haz)

Foto : Istimewa

Baca juga  ISI WAKTU NGABUBURIT, BEM INAIFAS GELAR TADARUS PUISI RAMADHAN