Bagikan sekarang

Memasuki pekan ketiga, mahasiswa posko 2 KKN Kolaboratif yang terdiri dari mahasiswa Universitas Jember, INAIFAS, dan Universitas Moch Seroedji Jember mengikuti kegiatan peringatan Muharram dan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa.

Kegiatan santunan yang melibatkan 51 anak diantaranya 42 anak yatim dan 9 dhuafa ini dipusatkan di Balai Desa Cakru pada Ahad (14/8/2022).

Kepala Desa Cakru, Ibu Heni Indrayani mengatakan salah satu faktor terlaksananya acara ini merupakan bentuk terlepasnya dari belenggu Covid 19, sehingga pihaknya dapat melaksanakan kegiatan yang bersifat positif serta membantu anak-anak yatim dan dhuafa yang membutuhkan.

“Dengan adanya acara ini merupakan sebuah kesempatan bagi para masyarakat yang ingin menyisihkan sebagian hartanya untuk anak-anak yatim,” ucapnya.

Tidak hanya santunan, Heni menuturkan kegiatan ini sekaligus mendatangkan Gus Akhad Khoiron pengasuh Pondok Pesantren Nurul Anwar Padomasan, Jombang, Jember sebagai penceramah untuk memberikan tausiah.

“Sehingga selain acara utama yakni santunan namun juga sebagai salah satu acara kultum mengenai keutamaan memuliakan anak yatim dan juga menceritakan kisah Nabi Musa agar memperkuat keimanan dan ibadah kepada Allah SWT,” imbuhnya.

Acara bertambah meriah dengan antusiasme warga Cakru yang hadir, hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah warga yang datang sejak pagi meskipun cuaca hari mendung, sehingga acara santunan ini berlangsung dengan lancar dan tampak semarak.

Dikemukakan, terdapat beberapa santunan yang diberikan yaitu berupa seperangkat alat tulis, makanan, minuman, uang tunai dengan total nominal 35 juta dan ditambah donasi dari beberapa yang berbaik hati mensedekahkan sebagian hartanya untuk anak-anak yatim.

“Semoga dengan barang yang diberikan dapat menambah keberkahan acara santunan ini dan juga dapat membantu memenuhi kebutuhan anak-anak yatim dalam perjalanan menuntut ilmu,” tandasnya.

Baca juga  HMPS ES INAIFAS Hadiri Musyawarah Regional FoSSEI Jatim Tahun 2021

Tampak hadir dalam kegiatan ini perangkat Desa, perangkat Kecamatan, Kasun/wakasun, RT/RW, Ibu-ibu PKK, segenap panitia penyelenggara dan warga Desa setempat.


Laporan Posko 2 KKN Kolaboratif Desa Cakru. DPL : Mar’atus Sholihah M.Pd.