Bagikan sekarang

Himpunan Mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah (HMPS AS) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Menggelar Ta`aruf Mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah (Tamasya) bertajuk “Membangun kebersamaan demi mewujudkan mahasiswa yang Berintelektual, Berintegritas, serta Progresif dalam meningkatkan kualitas mahasiswa Hukum Keluarga”.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid, bertempat di Aula Perguruan tinggi baru yang masih bernaungan sama dengan INAIFAS yakni Akademi Komunitas Assunniyah (AKAS) Kencong secara tatap muka, Selasa pagi, (2/11)

M. Anamul Izza Rizqon selaku Koordinator bidang Kaderisasi dan Keilmuan HMPS AS INAIFAS yang menaungi kegiatan ini menjelaskan bahwa HMPS merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat program studi/jurusan yang mempunyai tugas pokok untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswa di program studi/jurusan tersebut.

“Tentu menyelengarakan kegiatan ekstrakulikuler salah satunya yang bersifat keilmuan dan penalaran sesuai dengan program studi/jurusan yang ditempuh, Maka dari itu perlu adanya kegiatan semacam ini” Terangnya.

M. Asibbilah selaku Ketua Panitia Pelaksana memaparkan, Kegiatan Ta’aruf Mahasiswa Program Studi Ahwal Al-Syakhshiyyah atau yang disingkat dengan TAMASYA ini merupakan kegiatan pertama di HMPS AS karena memang HMPS AS juga masih baru berdiri belum 1 tahun lamanya. Kegiatan ini berguna untuk membangun kebersamaan dan memupuk nalar kritis Mahasiswa baru Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah.

“Kegiatan ini di ikuti oleh 11 Mahasiswa baru Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah kelas C yang bertempat di Kampus I induk” Katanya.

Sementara Ketua HMPS AS INAIFAS Mella Aulya menambahkan bahwasanya untuk meneruskan estafet kepengurusan maka diperlukanya jenjang kaderisasi di tingkat HMPS yang mana dalam hal ini TAMASYA menjadi sebuah wadah untuk mengais puing-puing ilmu seputar ke prodian.

Selain itu, lanjutnya, tujuan dari kegiatan ini adalah membangun kebersamaan demi mewujudkan mahasiswa yang Berintelektual, Berintegritas, dan Progresif dalam meningkatkan kualitas mahasiswa serta menentukan arah gerak Mahasiswa Program studi Ahwal Al-Syakhshiyyah karena sejauh ini branding seputar prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah masih dirasa kurang, maka HMPS menjadi penopang amunisi keilmuan.

Baca juga  Hadir di INAIFAS, Menteri PDT Motivasi Para Peserta PKM-BR

“Tentunya, kegiatan ini dilaksanakan di luar jam perkuliahan yang harapanya tidak mengganggu jam perkuliahan” Jelas Mella.

Tamasya perdana ini mendatangkan beberapa Narasumber yang berasal dari Civitas Akademika INAIFAS, salah satunya ada: Dekan Fakultas Syariah Gus Zuhairuz Zaman, B, Sc., MH selaku Pemateri Sejarah Hukum Keluarga Islam. Bapak Beni Azhari, MH. Dosen Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah yang sekaligus menjadi staff di KUA Kec.Panti juga menjadi pemateri Ruang lingkup hukum keluarga & prospek kerja mahasiswa hukum keluarga.

Materi Psikologi Hukum Keluarga Islam yang di isi oleh Ibu Minhajul Abidah, S. HI., MH selaku dosen Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah yang juga salah satu Aktivis Perempuan di Banom NU.

Lebih lanjut, Gus Zuhairuz Zaman, B, Sc., MH selaku Dekan Fakultas Syariah, kegiatan ini dirasa sangat positif khususnya untuk mendobrak Kapabilitas yang di miliki oleh Prodi Ahwal Al-Syakshiyyah karna sejauh sejak berdirinya prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah masih belum ada kegiatan ekstra semacam ini yang bersifat mengembangkan Kualitas Mahasiswa.

“Harapan saya selaku dekan kegiatan ini dapat berjalan di tiap tahunnya dan tidak hanya di Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah saja tapi juga di Prodi lain di Kampus INAIFAS. Selain itu, semoga HMPS AS INAIFAS dapat mengadakan kegiatan lainnya yang sekiranya baik dan bermanfaat bagi Mahasiswa dan juga Kampus” Pungkasnya.