Bagikan sekarang

Pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Komisariat INAIFAS Kencong Jember Masa Khidmat 2022/2023 resmi dilantik.

Muhammad Arif Rahman Hakim bersama jajaran kepengurusan diambil sumpahnya oleh Ketua Cabang PMII Jember dihadapan puluhan anggota, kader dan alumni beserta tamu undangan, pada Rabu malam, (30/03/2022).

Pelantikan yang digelar dengan mengusung tema ” Bergerak dalam Satu Komitmen, We Grow Together” tersebut bertempat di Kantor MWC NU Gumukmas, Jember, Jawa Timur.

Arif dalam sambutannya menyatakan setahun kepemimpinannya akan melakukan asimilasi (penyesuaian) kaderisasi sebagai jembatan keilmuan dan perjuangan khususnya di tubuh PMII Rayon Febi Komisariat INAIFAS.

“Selain menerapkan metode kaderisasi yang fleksibel, juga mengembangkan desain kaderisasi yang inklusif berdasarkan realitas dan spesifikasi keilmuan kader guna bersaing di ranah intelektual,” paparnya.

Menurut dia, kaderisasi yang fleksibel merupakan jembatan untuk menjawab tantangan saat ini secara berkelanajutan dan adaptif dengan perkembangan zaman.

Ketua Rayon Febi demisioner, Ahmad Diki Alfian mengatakan kepengurusan saat ini harus lebih baik dari sebelumnya dan mampu memberikan kontribusi kerja yang konkrit.

“Ambil yang baik dari kepengurusan sebelumnya, perbaiki kembali apa yang kurang,” kata Diki.

Ketua PMII Komisariat INAIFAS, Ahmad Bahrur Rozi Rifa’i mengatakan pentingnya menjaga nilai-nilai, kultur ataupun budaya yang sudah dibangun oleh kepengurusan sebelumnya.

“Misal menyoal program kerja, seyogyanya harus tetap dilanjutkan dan tinggal meneruskan serta mengembangkan lagi,” kata Bahrur.

Lebih lanjut, Habib Aziz Ar Rozi, S.E. mengucapkan rasa bangga dan selamat atas kepengurusan yang baru saja dilantik. “Dua agenda besar yang harus dilakukan oleh sahabat Arif beserta jajaran kepengurusan yakni Pengembangan kualitas SDM anggota dan Kemandirian organisasi,” ujar Habib selaku Badan Pertimbangan Strategi Rayon (BPSR) itu.

Baca juga  HMPS PGMI INAIFAS Sambung Hubungan Bilateral Dengan HMPS PGMI STAI At-Taqwa Bondowoso

Mewakili sambutan Ketua Majelis Pembina Rayon, Nurul Hidayah, S.Pd. menjelaskan secara historis PMII Rayon Febi mengalami banyak lika-liku dari masa ke masa hingga saat ini.

“Saya masih ingat betul ketika masih menjadi rayon persiapan, hanya ada 6 kader yang berjuang menghidupkan rayon hingga akhirnya bisa definitif dan memiliki puluhan anggota dan kader saat ini,” terang Nurul.

Pemuda yang akrab disapa Nurul Keling itu menambahkan kepengurusan hari ini tugasnya mempertahankan dan terus menjaga proses kaderisasi agar tetap berlanjut dengan tidak melupakan tanggungjawab mengembangkan serta meningkatkan softskill, keahlian khusus kader guna menjawab tantangan bonus demografi ke depan.

Sementara Ketua Cabang PMII Jember, Moh. Faqih Alharamain, S.TP berpesan kepada kepengurusan yang baru saja dilantik agar tetap menjaga komitmen dalam menjalankan kerja kaderisasi, gerakan dan dakwah Islam Ahlusunnah wal Jamaah.

“Sebagai wajah intelektual muda NU, PMII harus turut berperan menjadi jangkar dalam pembangunan bangsa” tegas Faqih.

Faqih meminta agar mahasiswa pergerakan selalu bergerak dan bersaing menghadapi tantangan zaman serta cerdas mengambil peluang. “Setiap masa tantangannya selalu berbeda dan jika tidak adaptif maka akan ditinggalkan atau tertinggal,” pungkasnya.

Pelantikan yang digelar di Kantor MWC NU Gumukmas tersebut mendapat respon positif dari pihak pengurus MWC. Pihaknya membuka pintu selebar mungkin untuk ditempati berbagai kegiatan baik dari pengurus cabang atau komisariat.

Hadir sebagai tuan rumah, bapak M. Muksin, S.Pd Wakil Ketua III MWC NU Gemukmas.