Bagikan sekarang

Dengan maraknya kasus yang sedang terjadi di Indonesia bahkan dunia sekaligus memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM), kali ini dan baru pertama kalinya Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP INAIFAS adakan agenda webinar nasional tentang Hak Asasi Manusia.

Webinar yang digelar pada Ahad (26/12) dimulai dari pukul 08:00 sampai dengan pukul 10:30 WIB ini diikuti oleh kurang lebih 50 peserta baik dari kalangan mahasiswa/i maupun kalangan umum.

Webinar Hak Asasi Manusia yang berada di dalam naungan kampus INAIFAS ini mengusung tema “Membangun Self Compussion Mahasiswa Penyitas Pelecehan Seksual” yang dibawakan langsung oleh salah satu dosen INAIFAS Bu Dr. Hj. Syarifatul Marwiyah, M.Pd.I. Para peserta Webinar sangat antusias dengan Narasumber yang dihadirkan pada acara kali ini.

Gus Rijal Mumaziqq Z. M., HI, Rektor, dalam sambutannya menyampaikan, pentingnya peran orang tua, yaitu dengan cara memberikan nasehat-nasehat kepada anaknya. Beliau juga memaparkan mengenai Mahasiswa KIP INAIFAS juga bisa berkolaborasi dengan organisasi-organisasi lain.

Narasumber satu-satunya yang merupakan salah satu dosen INAIFAS Ibu Dr. Hj. Syarifatul Marwiyah, M.Pd.I mengatakan, “Hak asasi manusia, sudah ada di dalam Al Qur’an. Di dalam kitab suci kita ini, sudah dijelaskan bahwa tidak ada paksaan dalam beragama atau lakum dinikum waliyadin. Termasuk juga hak kemaslahatan sosial,” kata Bu Syarifah.

Dalam Webinar yang diikuti puluhan peserta ini, Bu Syarifah juga menjelaskan aspek penting mengenai penghormatan Islam atas derajat perempuan, termasuk larangan pelecehan seksual.

Para peserta yang mengikuti webinar tampak sangat antusias sekali ketika moderator Umi Khunainah membuka sesi tanya jawab. Pertanyaan dari pesertapun beragam untuk dilontarkan kepada narasumber yang telah memaparkan beberapa hal terkait dengan tema yang diusung.