Bagikan sekarang

Sebagai bentuk iā€™tikad lembaga dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember sebagai perguruan tinggi Islam dalam hal ini optimis mewujudkan cita-cita bangsa ini melalui tahapan orientasi awal mahasiswa baru dalam bentuk Pendidikan Dakwah dan Pengenalan Kampus atau PDPK.

Hal itu disampaikan Rektor Inaifas Rijal Mumazziq Zionis, M.H.I pada saat pembukaan Pendidikan Dakwah dan Pengenalan Kampus tahun akademik 2022/2023 di Halaman kampus setempat, Jum’at (09/09/2022).

Menurutnya, Pendidikan Dakwah dan Pengenalan Kampus (PDPK) ini merupakan fase awal dalam mengenalkan budaya kampus serta menanamkan nilai-nilai dan ideologi bagi calon mahasiswa. Terlebih dalam rangka membangun jati diri dan iklim belajar positif di perguruan tinggi.

“Sehingga para mahasiswa pada tataran selanjutnya benar-benar memiliki pondasi yang kokoh sebagai penopang segala macam keilmuan yang akan diperoleh serta mampu mengendalikan segala dinamikanya,” ujar pria yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) Lembaga Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) Kencong ini.

Direktur Imtiyaz Surabaya ini menegaskan dalam pelaksanaan orientasi awal mahasiswa baru ini tidak ada praktik bullying, kekerasan atau hal-hal lain yang bersifat negatif.

“Kami memastikan tidak ada yang namanya perpeloncoan dari unsur panitia atau antara senior kepada junior. Semua harus dilaksanakan berdasarkan standar prosedur dan peraturan yang sudah ditetapkan,” tegas penulis buku ‘Surabaya: Kota Pahlawan Santri” ini.

Sekretaris Panitia, M Bustanul Ulum, M.Pd menjelaskan sejumlah 255 peserta yang mengikuti PDPK tahun akademik 2022/2023. Tercatat 150 diantaranya perempuan dan 105 laki-laki.

“Semoga PDPK tahun ini berjalan dengan sukses dan lancar. Tidak ada kendala dan sesuai yang diharapkan,”  harapnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah Inaifas ini menegaskan agar mahasiswa baru mematuhi tata tertib yang sudah ditetapkan oleh panitia. Ia juga berharap seluruh peserta dapat mengikuti seluruh materi dan rangkaian acara selama PDPK berlangsung.

Baca juga  Kiai Sadid Inginkan Inaifas sebagai Lembaga Sosial dan Dakwah

Kegiatan yang mengusung tema ‘Semangat Baru untuk Masa Depan yang Baru’ ini akan berlangsung 09 hingga 11 September 2022. Disebutkan, panitia pelaksana kegiatan ini melibatkan unsur dosen, staf, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), Senat Mahasiswa (SEMA) dan mahasiswa.

Turut memeriahkan, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Inaifas, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pramuka Inaifas Racana KH Jauhari Zawawi dan Nyai Zuhriyah serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Pers Al-Hikam.