Bagikan sekarang

Fakultas Syariah Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong, Jember melakukan penarikan mahasiswa Praktik Kerja Lapangan (PKL) di Pengadilan Agama Jember, Jum’at (22/04/2022).

Bertempat di Ruang Pengadilan, kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Jember Drs. H. Karmin, M.H., Dosen pamong : Drs. H. Ramli, M.H., Dekan Fakultas Syariah Inaifas Zuhairuz Zaman, L.C., M.H., Kaprodi AS/HKI Inaifas Moch. Aufal Hadliq KMW, M.H., Ketua Panitia PKL AS Inaifas Beni Ashari, M.H. dan, para dosen pamong.

Sebelumnya, sebanyak 86 mahasiswa telah melaksanakan PKL sejak 28 Februari 2022 hingga 22 Maret 2022.

Drs. H. Karmin, M.H. Wakil Ketua Pengadilan Agama Jember dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh mahasiswa PKL karena telah banyak membantu proses kinerja di Pengadilan Agama Jember

“Semoga para mahasiswa dari pesantren/mahasantri kelak bisa menggantikan para hakim dan pegawai di Pengadilan Agama Jember, karena penguasaan ilmu yang lebih mendalam dan kejujuran yang lebih, dibandingkan kampus selain basis pesantren,” katanya penuh harap.

Dikonfirmasi, sebelum kegiatan PKL berlangsung telah dilakukan Memorandum of Understanding (MoU) antara Fakultas Syariah Inaifas dengan Pengadilan Agama Jember pada 1 Februari 2022 oleh Dekan Fakultas Syariah dengan Pimpinan Pengadilan Agama Jember.

Dekan Fakultas Syariah Inaifas, Zuhairuz Zaman, Lc, M.H. menjelaskan MoU ini penting bagi Fakultas Syariah dan prodi HKI sebagai bagian dari kerjasama akademik dalam rangka membentuk para sarjana yang ahli dalam beracara di pengadilan dan lebih mendekatkan dunia profesi praktisi hukum kepada mahasiswa.

“Sehingga mereka bisa melihat langsung bagaimana teori dan materi hukum yang mereka pelajari di kampus lalu diaplikasikan dalam pengadilan,” katanya.

Baca juga  Kiai Sadid Jelaskan 4 Peristiwa Penting di Bulan Ramadhan

Ia berharap mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang penting tentang praktik beracara di Pengadilan Agama dan hal tersebut adalah salah satu visi misi dari pada prodi HKI Inaifas.

“Tidak kalah penting juga, setelah mengikuti PKL ini mahasiswa agar bisa mendapatkan inspirasi untuk rencana penelitian dalam skripsi mereka,” imbuhnya.

Farij Hamy Rosyid salah satu mahasiswa PKL merasa senang dan gembira telah mendapatkan kesempatan belajar praktik secara langsung di Pengadilan Agama Jember tentu didampingi dosen pamong yang sangat sabar dan telaten dalam membimbing dan mengarahkan.

“Senang sekali, bisa berkesempatan mengikuti kegiatan persidangan secara langsung dan merupakan suatu pelajaran yang sangat berharga bagi kami mahasiswa AS/HKI bisa melihat langsung bagaimana cara memutuskan suatu perkara, bagaimana menetapkan perkara yang ada di pengadilan,” ucap Farij mahasiswa semester VI ini.