Location,TX 75035,USA
+1234567890
info@yourmail.com

PC LESBUMI NU KENCONG: KAMI MENDUKUNG KEGIATAN PMII RAYON TARBIYAH INAIFAS!

PC LESBUMI NU KENCONG: KAMI MENDUKUNG KEGIATAN PMII RAYON TARBIYAH INAIFAS!

Kencong, 13 Juli 2019

PMII Rayon Fakultas Tarbiyah Iniafas Kencong Jember setiap sebulan sekali menggelar kegiatan kajian kitab kuning Risalah Ahlussunah wal Jamaah karangan Hadratus Syeikh KH. M. Hasyim Asyari yang bertempat di Aula Rayon Tarbiyah. Kegiatan tersebut di ikuti oleh seluruh kader-kader PMII yang dibimbing langsung oleh Ustad Ahmad Zaeni yang juga Wakil Rektor II Inaifas Kencong. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 WIB sampai selesai setiap Senin Wage.

Menurut Ketua PMII Rayon Tarbiyah sahabat Gandys Nanda I, tujuan daripada kegiatan tersebut adalah sebagai instrumen dan bekal kaum intelektual muda (mahasiswa) dalam memahami kembali nilai-nilai ke-aswaja-an serta sebagai upaya membendung paham-paham radikalisme yang hari ini telah menyebar luas.

“Adapun kegiatan ini bertujuan agar kader-kader PMII mempunyai pemahaman mendalam terhadap ajaran dan nilai-nilai Islam Ahlussuunah wal Jamaah. Karena Islam Ahlussunnah wal Jamaah merupakan ajaran yang fundamental bagi PMII yang secara pemikiran maupun harokahnya nanti dapat diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari. Selain itu juga, pemahaman ini nantinya sebagai bekal kader-kader PMII dalam menghadapi dan membendung paham-paham radikalisme yang sudah mulai bertokol diperkotaan maupun di desa-desa”. Tungkas seorang yang juga mahasiswa Inaifas, PGMI semester VI.

Hal serupa ditambahkan pula pesan dari Ustad Ahmad Zaeni pada kegiatan tersebut agar para Mahasiswa memiliki kecerdasan intelektual dan spiritual.

“Sempatkan Ngaji. Agar memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan spiritual”. Sahut sosok Wakil Rektor II Kampus Hijau Inaifas Kencong.

Kampus Inaifas Kencong dan PMII sendiri memiliki kedetakan kultural dengan NU. Pada kegiatan ini PC Lesbumi NU Kencong mendukung penuh kegiatan Ngaji Kitab Kuning yang telah di lakukan oleh PMII Rayon Tarbiyah Inaifas Kencong.

“Jika PMII melaksanakan Ngaji Kitab Risalah Ahlussunnah wal Jamaah karya pendiri NU, sudah kewajiban dari Lesbumi untuk mendukung hal ini. Apalagi mahasiswa berkenan Ngaji Kitab Kuning, ini fenomena yang luar biasa”. Tungkas M. Ridhwan Khamid ketua PC Lesbumi NU Kencong.

Ngaji Kitab merupakan budaya serta tradisi pesantren yang harus di kembangkan. PMII yang memiliki kedekatan kultur dengan NU, sudah sewajarnya sebagai garda terdepan di barisan kaum intelektual memberikan ruang bagi kader-kadernya untuk mengembangkan kajian ke Islaman ala pesantren. Mengingat, pesantren adalah medan juang NU.

“PMII dan Lesbumi sama-sama bergerak dalam bidang penguatan keilmuan, tradisi, dan budaya Nusantara. Mengingat belakangan ini mahasiswa tampak bangga dengan tradisi dan budaya barat, yang pada akhirnya budaya Nusantara mulai ditinggalkan. Jika Lesbumi bergerak di bidang tradisi seni dan budaya Nusantara dan PMII bergerak pada bidang penguatan pemikiran dan literasi, yang mana keduanya sama-sama memiliki ideologi yang tidak berbeda sama sekali, maka sewajarnya saling menguatkan dan saling mendukung untuk membumikan budaya dan tradisi keilmuan yang ada di Nusantara. Secara otomatis kami selaku Pengurus Cabang Lesbumi Nahdlatul Ulama Kencong, mendukung penuh kegiatan PMII!. Dan kami harapkan nanti ada bentuk kerja sama antara Lesbumi dengan PMII”. Imbuh Ridwan

Dukungan tersebut mendapat apresiasi dari Ketua Rayon. Dia menyampaikan dukungan PC Lesbumi NU Kencong sangat diapresiasi dan berharap ada kerja sama nantinya.

“PC Lesbumi NU Kencong sebagai sentrum penguatan seni dan budaya lokal Nusantara sangat penting bagi kami atas dukungannya dari kegiatan kami Ngaji Kitab Kuning. Semoga kedua lembaga ini bisa bekerja sama nantinya. Aamiin.” Imbuh Gandys. (Tim Redaksi Rayon Tarbiyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 17 =