Bagikan sekarang

Pada Selasa lalu (26/07/22), sebanyak kurang lebih 50 mahasiswa peserta Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset (PkM-BR) yang sebarannya di wilayah seluruh desa di Kecamatan Kencong dengan tema “Membangun Masyarakat Sejahtera Menuju SDG’s” yang dihimpun oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong Jember resmi diterjunkan.

Kegiatan penerjunan langsung dihadiri oleh Drs. Suryadi, M.Si selaku Kepala Camat Kecamatan Kencong, juga Rektor INAIFAS Rijal Mumazziq Z, M.H.I dan ketua LP2M yakni Akhmad Rudi Masrukhin, M.Pd dan beberapa DPL kelompok PkM-BR.

“Tetap riang gembira, dan teruslah belajar bersama masyarakat. Jangan sampai ada kesan menggurui terhadap masyarakat. Posisikan peserta PkM-BR ini hanya fasilitator saja” pesan Rektor INAIFAS yang akrab disapa Gus Rijal.

Kemudia bapak camat dalam sambutannya juga berpesan “Semoga adek-adek mahasiswa sekalian menjadi cikal bakal perubahan baik terhadap Kecamatan Kencong, khususnya desa-desa yang ada di Kec. Kencong ini”

Setelah penerjunan yang dilakukan di Aula Kantor Kecamatan Kencong, Dosen Pembimbing Lapangan yakni Siti Majidah langsung mengantar kelompok 10 yang mendapatkan tugas pengabdian di Desa Kencong Kecamatan Kencong. Kepala Desa yang pada waktu itu diwakili oleh bapak sekdes juga menerima dengan baik “Terima kasih, saya menerima sekali kehadiran mahasiswa. Semoga dapat membantu perkembangan Desa” Ungkapnya. Selain itu ibu DPL berpesan, “Tetap dalam prosedur, sesuai arahan pembekalan dan buku panduan. Jika ada apa-apa tolong koordinasi yah. Hindari program atau perilaku yang tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat”.

Seminggu setelahnya, kelompok 10 PkM-BR menuai keberhasilan kecil dalam mengumpulkan data-data dengan teknis melakukan silaturrahmi di beberapa tokoh-tokoh desa yang tersebar di 6 dusun Desa Kencong, yang kemudian berlanjut menghadiri undangan evaluasi rutinan di Balai Desa, tepatnya hari Senin (01/08/22).

Baca juga  Optimisme Mahasiswa PkM BR Inaifas Kembangkan Potensi Desa Tembokrejo

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Desa membahas evaluasi rutinan dan kegiatan di Bulan Agustus ini seperti penetapan tanggal penyaluran Bantuan Langsung Tunai serta Kegiatan Memeriahkan Desa dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan.

Rapat yang dihadiri oleh staf kantor desa juga pula dihadiri oleh beberapa tiga kelompok elemen dari berbagai kampus, yakni KKN dari UIN KHAS Jember, KKN Kolaboratif serta PkM-BR INAIFAS Kencong.

“Untuk adik-adik mahasiswa bisa membantu kami dalam kegiatan desa yang kami paparkan tadi” Tegas pak yoni selaku sekdes yang sekaligus penulis buku ‘Kencong Menjadi Kota’ itu. “Untuk tanggal belum kami tentukan, sementara kita pembentukan panitia dan menyusun konsep” pungkasnya.

Selain itu bapak kades berharap “mari kita sukseskan acara ini bersama-sama. semoga beberapa rangkaian di bulan agustus ini dapatlah kita berefleksi terhadap para pejuang kemerdekaan yang telah mendahului kita” tutur Pak Kades dengan penuh semangat kemerdekaan.

Haris Perdana Kusuma, selaku koordinator peserta PkM-BR kelompok 10 mengatakan “Kami masih belum memiliki bayangan program kerja yang utuh dan sistematis. Minggu pertama ini, sesuai kerangka kerja kami masih fokus terhadap pengumpulan data, riset meja dan silaturahmi kepada tokoh-tokoh desa masyarakat dengan tujuan untuk pengumpulan temuan-temuan data yang tentunya bersifat partisipasif masyarakat.”

Laporan Posko 10 Desa Kencong. DPL: Siti Majidah, M.Pd.