Bagikan sekarang

Beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) adalah bantuan pendidikan serta pembinaan pengembangan diri bagi mahasiswa/i S1 yang berprestasi dari keluarga kurang mampu.

Sejumlah 5 mahasiswa Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember telah mengikuti seleksi beasiswa Satu Keluarga Satu Sarjana (SKSS) yang diselenggarakan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Jawa Timur, Selasa (06/09/2022) kemarin.

Sebelumnya, Inaifas telah membuka pendaftaran beasiswa SKSS ini dimulai tanggal 06 Juni 2022 hingga 20 Juni 2022 melalui surat edaran pengumuman.

Dekan Fakultas Tarbiyah Inaifas, M Bustanul Ulum mengatakan bahwa dari pihak kampus telah menyeleksi berkas yang telah diajukan oleh mahasiswa.

“Berdasarkan seleksi internal, kita dapati 5 mahasiswa sebagai calon penerima beasiswa SKSS ini,” ungkapnya.

Lima mahasiswa tersebut diantaranya Saidatus Sholihah, Siti Mar’atus Sholihah, Nadiatul Maula berasal dari prodi Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain itu, Syariat Wahyu Nur Rohman prodi Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI) dan Riza Handariyatul Afkarina prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA).

Secara terpisah, Ketua Baznas Jatim KH Muhammad Roziqi mengatakan bahwa kegiatan seleksi ini diikuti 140 mahasiswa dan kuota yang tersedia hanya 80 orang.

“Beberapa waktu yang lalu, kita sudah mengadakan seleksi dan sudah terpenuhi 120 mahasiswa. Dengan kuota maksimal kita 200 mahasiswa, jadi kekurangan 80 mahasiswa kita penuhi di seleksi kali ini,” ujarnya Rabu (07/09/2022) dikutip BANGSAONLINE.com.

Roziqi ingin mereka serius dalam mengikuti perkuliahan karena telah dibiayai oleh Baznas Jatim. Pihaknya berharap setelah selesai kuliah nanti, mereka bisa mendharma baktikan untuk membantu Baznas Jatim ini dengan menjadi relawan.

“Syukur nanti bisa mendapatkan pekerjaan yang layak, kita ikut senang. Dengan harapan, satu keluarga satu sarjana ini bisa mengangkat harkat dan martabat keluarganya yang selama ini tergolong duafa,” pungkasnya.

Baca juga  HMPS PGMI INAIFAS Periode 2020/2021 Resmi Demisioner

Diketahui, seleksi beasiswa SKSS diikuti mahasiswa yang berasal dari 32 perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Timur. Mereka berasal dari Surabaya, Sumenep, Jombang, Tulungagung, Madiun, Ngawi, Jember, Ponorogo, serta Probolinggo.