Bagikan sekarang

Dalam rangka melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong, Jember mendampingi kelompok Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) di Balai Desa Menampu, Kecamatan Gumukmas, Jember.

Kegiatan pelatihan membuat nugget ikan lele dan tepung mocca ini diinisiasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kabupaten Jember pada Jum’at (24/06/2022).

Dalam kesempatan ini Suprihandoko mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak meliputi LP2M INAIFAS, Kepala Desa Menampu, Penyuluh Agama Islam Kecamatan Gumukmas, dan Kepala Koalisi Perempuan Indonesia serta DPP Pertanian Kecamatan Gumukmas yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Harapannya pelatihan ini dapat dikembangkan menjadi bisnis home made agar supaya membantu penghasilan ekonomi ibu-ibu kelompok PEKKA ini,” kata Suprihandoko Kepala DP3AKB Kabupaten Jember ini.

Mewakili dari pihak Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) INAIFAS, Rizqiyah Ratu Balqis berharap kegiatan ini tidak berhenti sebatas pelatihan saja, namun ada motif keberlanjutan guna mendukung perekonomian ibu-ibu kelompok PEKKA ini.

Lebih jauh dirinya menilai ratusan perempuan Jember menjadi Pekka bukan atas keinginannya sendiri. Mereka terpaksa menjadi tulang punggung sebagai kepala keluarga karena dipaksa oleh kondisi tertentu. Seperti suami meninggal, suami tidak bertanggung jawab, karena suami sudah tua atau sakit sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga.

“Tentu butuh peran dan dukungan secara penuh dari semua pihak terutama pemerintah desa dan dinas yang bergerak di bidang terkait, khususnya DP3AKB Kabupaten Jember dalam memberdayakan perempuan kepala keluarga,” harap Balqis Dosen Inaifas sekaligus aktivis perempuan ini.

Baca juga  Cara Mahasiswa Inaifas Daur Ulang Sampah Jadi Kerajinan