Bagikan sekarang

PMII harus memiliki program yang khusus ditujukan menghadapi era bonus demografi. Ke depan dunia kerja dan industri membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompeten sesuai dengan tuntutan zaman.

Demikian ditegaskan Ketua PC PMII Jember M Faqih Al Haramain pada saat penutupan Masa Penerimaan Anggota Baru (MAPABA) Ke-V oleh Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Tarbiyah Komisariat Inaifas Jember pada Rabu (19/10/2022).

“PMII wajib memiliki program yang mengacu pada peningkatan potensi SDM kader untuk menghadapi bonus demografi. Mengingat, dunia kerja dan industri akan mencari SDM yang berkualitas dan berkompeten, dengan dibekali soft skill dan networking yang bagus,” jelas Faqih.

Ketua Komisariat PMII Inaifas, Ahmad Fathu Fikron Musthofa mengatakan organisasi yang identik dengan warna kuning ini mempunyai anggota yang sangat besar jumlahnya, dan semuanya berada dalam usia produktif. Oleh sebab itu, tantangan besar PMII adalah mencetak kader yang siap pakai, sehingga kader PMII bisa tersebar dimana-mana dengan misinya pula.

“Karena organisasi ini dihuni anak-anak muda, maka wajib melahirkan generasi-generasi andal, kreatif dan memiliki karya nyata. Salah satunya, jiwa entrepreneurship harus dipupuk semaksimal mungkin,” cetus Alumni Pelatihan Kader Lanjut (PKL) PC PMII Pasuruan ini.

Sementara Ketua Rayon PMII Tarbiyah Inaifas Teuku Muhammad Indra Shadafi mengucapkan selamat datang dan bergabung menjadi bagian di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.

“Yakinlah bahwa PMII adalah organisasi yang tepat sebagai wadah berproses untuk mempertahankan idealisme dan memperjuangkan kebenaran sesuai ajaran Islam Ahlussunnah wal Jamaah,” ujarnya.

Menurutnya, menjadi bagian dari PMII tidak hanya sebatas dalam mengikuti Mapaba saja. Sebab, Mapaba hanyalah gerbang awal sebelum melangkah lebih jauh lagi dalam berproses di PMII.

Baca juga  Sharing Program, SEMA INAIFAS Lakukan Studi Banding dengan DPM UIJ dan SEMA UIN KHAS Jember

Kegiatan dengan mengusung tema “PMII sebagai Wadah Pembentukan Generasi yang Adaftif dalam Menyikapi Era Bonus Demografi” ini dipusatkan di Balai Desa Cakru, Kencong, Jember. Adapun kegiatan ini diikuti 46 peserta. Mereka terdiri dari 44 peserta internal dan 2 peserta eksternal.