Bagikan sekarang

Ketua Unit Pengelola Zakat, Infaq dan Sedekah (UPZIS) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember Ahmad Zuhairuz Zaman, B.Sc., M.H. mengajak perguruan tinggi di Kabupaten Jember yang belum mempunyai untuk segera membentuk UPZ.

Hal itu disampaikan pada acara ‘Dialog Jember Pagi Ini’ yang dihelat Pro 1 FM Radio Republik Indonesia (RRI) Jember, Senin (16/01/2023).

Gus Zuhair menjelaskan agar berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat (BAZNAS) Kabupaten Jember agar memiliki legalitas amil yang resmi.

“Sehingga bisa menyerap pontensi zakat, infaq dan sedekah secara lebih luas dan pentasharrufan atau distribusi bisa lebih tepat sasaran,” tuturnya.

Pria yang menjabat Wakil Rektor IV Inaifas ini menyebut, momen ini adalah kesempatan pihaknya untuk mensosialisasikan urgensitas UPZ di lingkungan Perguruan Tinggi dalam bidang pendidikan dan sosial.

“UPZ yang berafiliasi pada Inaifas ini berusaha membantu keberlangsungan pendidikan mahasiswa yang kesulitan pembiayaan perkuliahan. Juga sebagai bagian implementasi dakwah sosial sebagaimana moto Inaifas yaitu Beradab, Berilmu dan Berdakwah,” cetusnya.

Dirinya menambahkan, sebagaimana topik yang diangkat budaya gotong royong merupakan salah satu budaya kearifan lokal Indonesia yang diharapkan mampu bertahan karena sebagai filter budaya di era modernisasi saat ini. Sebab menurutnya, hal itu dapat mempengaruhi rasa kemanusiaan dan kelangsungan kehidupan bermasyarakat yang kini sudah mulai cenderung bersikap individualis.

“Untuk itu, UPZIS Inaifas berkeyakinan bahwa pendidikan mempunyai peran untuk mengentaskan kemiskinan. Sebab, pendidikan yang tuntas semakin membuka kesempatan pengabdian dan peluang kerja semakin luas di tengah-tengah masyarakat.

Diketahui, kegiatan bertajuk ‘Gotong Royong Tuntaskan Kemiskinan di Kabupaten Jember’ ini menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya, Komisioner Baznas (Bidang IV SDM) Akhmad Rudi Masruhin, M.Pd, Koordinator Fungsi Statistik Sosial BPS Jember, Ir. Endang Widyarti, M.M dan Ketua Komunitas Peace Leader Jember, Redy Saputro.