Bagikan sekarang

Pengurus Rayon (PR) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Komisariat Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong menggelar Masa Penerimaan Anggota Baru (Mapaba) Ke-V.

Kaderisasi formal pertama PMII ini diselenggarakan di Kantor Desa Gumukmas, Kecamatan Gumukmas, Kabupaten Jember sejak Jum’at hingga Senin (14-17/10/2022).

Ketua Rayon PMII Febi Inaifas Arif Rahman Hakim mengatakan kegiatan ini mengusung tema ‘Membangun Militansi Mahasiswa yang Berasaskan Ahlussunnah wal Jamaah’. Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan tujuan pokok Mapaba yaitu membentuk anggota yang mempunyai keyakinan terhadap organisasi adalah hal paling utama.

“Ketika nanti sudah yakin, tentu anggota yang baru bergabung di PMII akan menjunjung tinggi jiwa militansinya sehingga membuahkan progres ke arah yang lebih baik,” tuturnya.

Arif menegaskan memiliki jiwa militansi untuk berproses di organisasi ini merupakan hal yang tidak mudah. Pasalnya, banyak sekali rintangan-rintangan yang harus dihadapi dan kemudian bagaimana bisa menyelesaikannya.

“Kita berharap anggota baru memiliki keinginan sendiri untuk menjadi kader PMII yang sesungguhnya. Menjadi kader PMII yang problem solver. Bisa memecahkan masalah dengan berlandaskan Aswaja dan Pancasila,” ungkapnya.

Ahmad Fathu Fikron Mustofa, Ketua Pengurus Komisariat PMII Inaifas menjelaskan bahwa menjadi bagian dari PMII tidak hanya sebatas dalam mengikuti Mapaba saja. Sebab, Mapaba hanyalah tahap awal sebelum melangkah lebih jauh lagi dalam berproses di PMII.

Maka yang lebih penting menurutnya adalah meluruskan niat. Karena setiap kader PMII memiliki tanggung jawab moral yang senantiasa tersemat di pundak masing-masing.

“Mari luruskan niat, sebab PMII bukan hanya hari ini saja melainkan untuk kemudian hari juga. Selamat bergabung dan selamat berproses,” ucap Alumnus Pelatihan Kader Lanjut (PKL) PC PMII Pasuruan ini.

Baca juga  Jalin Kerjasama dengan Pemkab Jember, INAIFAS Gelar Vaksinasi Massal

Diketahui, jumlah peserta Mapaba ini sebanyak 23 peserta. Mereka terdiri 21 peserta internal Febi dan 1 fakultas Tarbiyah Inaifas. Serta 1 peserta delegasi eksternal.

Di kesempatan ini, Ketua PC PMII Jember M Faqih Al Haramain mengingatkan kepada semua kader PMII untuk terus menjadi pelopor dan pembaharu serta kreatif dalam melakukan perubahan ke arah yang lebih baik.

“Sebab perubahan geopolitik global hari ini harus menjadi atensi bagi seluruh kader dalam membaca peluang dan tantangan Indonesia dan PMII ke depan,” tegasnya.

Faqih juga mengucapkan selamat bergabung menjadi bagian dari keluarga PMII. Mapaba merupakan jenjang kaderisasi pertama di PMII.

“Dengan telah dilafalkannya sumpah ikrar baiat, sahabat-sahabat telah resmi menjadi anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia,” katanya.

Faqih menginginkan dari kegiatan ini terciptanya kader yang berkualitas mu’taqid, yakni kader yang memiliki loyalitas dan kesetiaan dalam organisasi.

 “Kalian pun harus meyakini, bahwa PMII merupakan wadah yang tepat untuk memperjuangkan kebenaran, sesuai ajaran akidah islam Ahlussunnah wal Jamaah,” tandasnya.