Bagikan sekarang

Karya Ilmiah adalah karya tulis yang dibuat untuk memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya karya ilmiah berisikan data, fakta, dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Penulisan karya ilmiah dilakukan secara runtut dan sistematis.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Bidang Kaderisasi PMII Rayon Tarbiyah INAIFAS M. Irsyadul Ibad di Kantor Sekretariat setempat, Minggu pagi (26/09).

Menurutnya, karya tulis ilmiah seringkali dibuat oleh para akademisi untuk menunjukkan keilmuan yang sedang dikaji secara mendalam sesuai dengan bidangnya masing-masing. Semua akademisi baik bangku sekolah hingga perguruan tinggi mengenal apa itu makalah. Makalah biasa dijadikan sebagai tugas pokok untuk mengembangkan diri peserta didik (mahasiswa).

“Oleh karena itu, untuk menjawab kebutuhan mahasiswa baru. Kami sediakan forum sinau bareng dasar-dasar membuat makalah secara gratis untuk mereka” Tutur Ibad mahasiswa prodi PBA semester V itu.

Sementara Mila Agustin selaku narasumber sekaligus Badan Strategi Rayon (BSR) menjelaskan bahwa makalah adalah sebuah karya yang ditulis oleh seseorang dan belum pernah di publikasikan serta bersifat ilmiah. Dibutuhkan kemampuan menulis yang baik dan cermat berdasarkan kaidah atau pedoman penulisan makalah.

“Menulis makalah bukanlah hal yang sulit, namun dibutuhkan kejelian untuk melihat kondisi dan situasi untuk digunakan sebagai ide penulisan” Jelas Mila mahasiswa penerima beasiswa aktivis PMII itu.

Dalam forum tersebut, tidak hanya teori yang dipaparkan, melainkan juga dilakukan praktek secara langsung.

Giat tersebut ditujukan kepada mahasiswa baru INAIFAS angkatan 2021. Diikuti sekitar 20 mahasiswa dari berbagai lintas program studi di INAIFAS.(haz)

Baca juga  BEM INAIFAS Gelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW.