Bagikan sekarang

Dewan Eksekutif Mahasiswa Institut (DEMA-I) IAI Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong, Jember akan segera menggelar Semarak Pasar Budaya pada 16-17 Juli 2022 mendatang.

Kegiatan ini akan dipusatkan di dua tempat. Di Alun-alun Kencong dan Kampung Londo Loji, Kecamatan Kencong, Jember.

Menteri Sosial Budaya (Mensosbud) DEMA-I Itfiyatunnida menjelaskan tujuan digelarnya acara ini adalah ingin menghidupkan kembali budaya yang ada di Kencong yang telah lama mati karena banyak faktor terutama covid-19, juga dengan mengadakan kegiatan ini kami berharap kencong menjadi pusat wisata dengan berbagai budaya dan kesenian yang ada.

“Kencong yang sering disebut sebut sebagai kencong kota tua ini tentu memiliki banyak sejarah dan kami ingin kencong ini bisa terdengar dalam kancah nasional,” kata Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah ini pada Kamis (30/06/2022).

Dalam pandangannya, Kencong Kota Tua bukan hanya sebutan semata namun memang kencong kota tua dengan sejuta kesenian, sejarah bahkan akar budayanya yang bermacam macam.

“Kami bersama seluruh jajaran kepengurusan berharap semoga bisa konsisten utamanya dalam tiap tahun mengadakan kegiatan ini dan Kencong Kota Tua bisa terkenal dalam kancah nasional begitupun dengan kampus INAIFAS, imbuhnya.

Diketahui kegiatan ini merupakan perdana diselenggarakan oleh DEMA INAIFAS. Pasar Budaya ini terdiri beberapa event diantaranya Open Kreasi Seni (OKINI), Bazar Jadoel. Selain itu, lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak (TK) dan Selebrasi Karnaval Jadoel yang diikuti oleh SD/MI, SMP/Mts, SMA/SMK/MA se-Gerbangmasku dan untuk umum.

“Generasi muda seperti mahasiswa, mempunyai peran penting dalam menjaga dan merawat tradisi, budaya dan kesenian yang telah diwariskan oleh para pendahulu,” tandasnya.

Baca juga  HMPS BKPI INAIFAS, Adakan Seminar Konseling