Bagikan sekarang

Memiliki julukan sebagai kampus dakwah, Institut Agama Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong Jember telah menerjunkan 6 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Assunniyyah Gumuktopi, Kencong pada Rabu (14/09/2022). Kegiatan dimaksudkan dalam rangka Praktik Pengalaman Lapangan (PPL-2) yang berlangsung kurang lebih selama 2 bulan yakni 14 September – 9 November 2022.

PPL-2 merupakan program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan dengan menerjunkan langsung mahasiswa ke sekolah atau lembaga pendidikan. Tujuan yang ingin dicapai program PPL-2 adalah mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau pendidik.

Adapun mahasiswa PPL-2 di MI Assunniyyah ini sebanyak 6 orang yaitu Yurischa Fitri Qomariyah, Rosa Delia Rahmadhany, Silvi Santiani, Howiyah Idrawati, Waslul Abror, Muhammad Bashori.

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Siti Mutmainah, M.Pd menyerahkan mahasiswa PPL-2 sebanyak 6 orang, kepada Ahmad Rofik S.Pd mewakili Kepala Sekolah dikarenakan berhalangan hadir. Penerjunan kali ini diadakan dengan sederhana dan santai namun tidak mengurangi suasana kesakralan acara penyerahan tersebut.

“Saya nitip mahasiswa kami PPL-2 di MI Assunniyyah Gumuktopi, mohon untuk diarahkan dan dibimbing dengan baik. Jika mereka memiliki kelebihan bisa diberi penghargaan sebagai apresiasi agar lebih semangat dan bila mereka melakukan kesalahan silahkan di tegur pak,” tuturnya.

Dosen perempuan yang akrab disapa Bu Mut ini berpesan kepada mahasiswa untuk menjalankan PPL-2 dengan sebaik-baiknya, menerapkan ilmu yang dimiliki di lembaga MI Assunniyyah tersebut.

Diketahui, penyerahan mahasiswa pada pihak lembaga, disambut dengan hangat dan antusias oleh pihak madrasah.

“Mahasiswa PPL-2 Inaifas Kencong bisa mengaplikasikan ilmu yang dimiliki dengan mengajar menggunakan metode dan media pembelajaran agar anak tidak bosan dalam belajar,” ujar Ahmad Rofik S.Pd mewakili Kepala Madrasah.

Baca juga  Kiai Sadid Inginkan Inaifas sebagai Lembaga Sosial dan Dakwah

Di akhir acara, dilakukan penandatanganan berita acara dan MoU oleh Siti Mutmainah M.Pd dan melakukan serah terima mahasiswa PPL-2 di MI Assunniyyah kepada Ahmad Rofik S.Pd. Tak ketinggalan mereka kemudian mengabadikan momen bersama tepat di depan kelas bertuliskan lembaga madrasah tersebut.


Laporan PPL-2. DPL: Siti Mutmainah M.Pd.