Bagikan sekarang

Selama empat tahun terakhir, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember terus melakukan kerjasama dengan berbagai lembaga sosial dan instansi pendidikan baik di level lokal, nasional hingga internasional.

Salah satunya dengan NU-Care Lembaga Amil, Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur. Kerja sama tersebut terkait penyaluran beasiswa untuk Banser yang menempuh pendidikan di Inaifas.

Hal itu disampaikan Rektor Inaifas Kencong, Rijal Mumazziq Zionis pada saat penandatanganan kerjasama antara Inaifas dengan Lazisnu Jatim pada Selasa (02/08/2022).

Menurutnya, ada beberapa faktor yang melatar belakangi Banser sebagai sasaran utama dalam kerja sama beasiswa ini.

Pertama, Banser memiliki jiwa khidmah yang luar biasa. Kedua, tingkat perekonomian anggota Banser juga rendah. Ketiga, dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kader-kader muda NU.

“Untuk itu kami ingin membantu melalui program ini agar kualitas sumber daya manusianya juga meningkat,” tutur penulis Buku Surabaya: Kota Pahlawan Santri ini.

Pada kesempatan ini, Ketua NU Care-Lazisnu Jawa Timur Ahmad Afif Amrullah menjelaskan, kerja sama ini tidak hanya dilakukan dalam aspek pendistribusian. Melainkan proses penggalangan dana juga dilakukan bersama-sama antara NU Care-Lazisnu Jawa Timur dan Inaifas Kencong.

“Hadirnya Unit Pengumpul Zakat, Infaq dan Shadaqah (Upzis) Inaifas menjadi mitra dan jembatan Lazisnu Jatim dalam penggalangan dana dan pendistribusian,” ujarnya.

Menurut Afif, Inaifas Kencong juga memiliki pengalaman untuk melakukan penggalangan dana maupun pendistribusian dalam berbagai program kemanusiaan.

“Jadi nantinya kami sama-sama berikhtiar untuk mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk saling membantu menyukseskan program ini,” tandasnya.

Baca juga  Prodi ES Diskusikan Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya Terhadap Perbankan Syariah