Bagikan sekarang

PPL adalah sarana mahasiswa memiliki pengalaman mengajar. Karena itu, dibutuhkan persiapan yang matang agar hasilnya juga kelak bisa diterapkan.

Di awal tahun ini, INAIFAS kembali menggelar PPL 02. Ada puluhan lembaga yang menjadi mitra kerjasama. Di antaranya, MI al-Ma’arif II Jombang Jember. Di sini, ada 6 mahasiswa yang ditugaskan.

Lembaga yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Pesantren Mabdaul Ma’arif ini memang memiliki cirikhas. Selain program Tahfidzul Qur’an, juga punya program kelas inklusi.

Hal ini dijelaskan oleh Kepala MIMA 02, Bapak Zuhdi Asykuri, dalam pembukaan dan serah terima peserta PPL 02 INAIFAS. Pak Yudi, sapaan akrabnya, menguraikan, asal muasal pendidikan inklusi di lembaga tersebut bukan hanya untuk menangani ABK atau Anak Berkebutuhan Khusus, melainkan untuk menangani anak yang membutuhkan penanganan khusus.

“Misalnya saja mengerucut pada topik anak yang tidak belum bisa membaca, bahkan dari kelas 1 sampai kelas 4 pun masih ada yang bisa dikatakan belum bisa membaca. Nah, disinilah peran penting dari adanya Pendidikan Inklusi ini,” ungkap Bapak Yudi.

“Jadi tidak hanya mengani anak berkebutuhan khusus, melainkan pelayanan untuk anak yang butuh penanganan khusus. Hanya saja lambat laun mulai didatangi oleh ABK dengan gejala bermacam-macam mulai dari hiperaktif, autis, dll.,” tegasnya.

Menurut alumni INAIFAS ini, yang menjadi nilai plusnya, MIMA 02 Jombang mempunyai guru lulusan Psikologi sebagai Guru Pendidikan Inklusi yang memang berkompeten di bidangnya. Hingga saat ini ada 12 anak ABK yang bersekolah di MIMA 02 Jombang.

Bu Khurin In Ratnasari, selaku DPL Program PPL, menguraikan, terobosan yang dijalankan oleh MIMA 02 ini adalah sesuatu yang keren. “Jarang lho MI yang punya kelas khusus begini. Jadi memang tidak salah jika mahasiswa INAIFAS kami tempatkan di sini,” pujinya dalam sambutannya.

Baca juga  Pengiriman DAI MAHASISWA INAIFAS Kencong Jember (angkatan ke-3)

Acara pertemuan ini kemudian dilanjut dengan penyerahan dan penandatanganan MOU Peserta PPL oleh Ibu Khurin’in Ratnasari selaku DPL.

Harapan Ibu Khurin adalah kerjasama antara Kampus INAIFAS dengan MIMA 02 Jombang yang sangat keren ini tidak berhenti sampai di kegiatan PPL 2 saja, melainkan secara berkelanjutan. INAIFAS juga bisa membantu penyediaan layanan publikasi artikel yang mungkin mengharuskan MIMA 02 untuk mempublikasikannya.