Bagikan sekarang

Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember semakin menunjukkan progresifitasnya selama beberapa tahun terakhir. Berbagai upaya dilakukan mulai pengembangan gedung kampus, peningkatan kualitas SDM hingga mutu akademik. Sehingga, peluang alih status dari institut menjadi universitas kian terbuka.

Baru-baru ini, kampus yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Islam Al-Falah As-Sunniyyah (YPIAA) Kencong ini berkesempatan mengirimkan 3 mahasiswa dan 1 dosen pembimbing untuk melaksanakan program Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Riset (PkM-BR) selama satu bulan di Songkhla, Thailand.

Mereka adalah Ihsan Ibrahim, Hablul Matin Bintang Buana, dan Imam Syafi’i Muhammad. Serta Gus Imam Bukhori sebagai dosen pembimbing. Ketiga mahasiswa dipilih berdasarkan kemampuan ilmu agama yang baik, berbahasa asing yang aktif dan komunikatif.

Rektor Inaifas Rijal Mumazziq Zionis, M.H.I menuturkan bahwa kampus yang dipimpinnya memang kecil, lokasinya berada di pedesaan dekat dengan perumahan warga. Namun, hal itu tidak membuat semangatnya surut untuk memajukan kampus tersebut.

“Jangan pernah minder di hadapan kampus besar dan tetap percaya diri dalam pergaulan Internasional. Semua ini berkat kerja keras tim struktural sehingga cita-cita menginternasionalkan kampus perlahan terwujud,” ujarnya dikutip akun Facebook pribadinya, Senin (31/10/2022)

Pria yang telah menerbitkan berbagai buku dan karya ini menjelaskan dalam program tersebut pihaknya akan meneken kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Thailand.

“Selain itu, target mereka juga akan membukukan pengalaman mengajar dan mendampingi masyarakat di lokasi. Dan, hasil risetnya dapat dijadikan artikel di jurnal,” ujarnya.

Diketahui, Inaifas akan mendatangkan 3 santri asal Thailand pada 2023 mendatang. Pihaknya akan mengadakan International Class bergabung dengan mahasiswa asal Malaysia, Kamboja, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Serta Filipina, Taiwan dan negara lain.

Baca juga  Effective Struggle Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat Secara Nyata

“Mohon doanya. Semoga membawa kemanfaatan serta menjadi wasilah keberkahan dan kemajuan kampus tercinta,” tutupnya.