Bagikan sekarang

Dijuluki Mahameru sebab keperkasaannya, selain sebagai bukti alam yang indah nan murni, Gunung Semeru juga menyimpan banyak sekali kisah mistis dibalik kecantikannya. Gunung Semeru memiliki ketinggian kurang lebih 3.676 meter diatas permukaan laut yang dihimpit dua kabupaten dalam peta yaitu kabupaten Lumajang dan kabupaten Malang. Dalam sebuah perhitungan, Semeru memasuki urutan ketiga gunung tertinggi selain Gunung Kerinci Sumatera dan Gunung Rinjani Nusa Tenggara Barat.

Pada tanggal 04 Desember 2021 sekitar pukul 13.30 WIB, Mahameru mengeluarkan kabut tebal erupsi sehingga menyebabkan beberapa daerah terdampak. Dalam asesment data yang kami temukan terdapat 51 orang tewas, 169 orang terluka, 22 orang hilang, juga korban lain yang diungsikan di daerah penanggal, tempat penyaluran donasi kami, Himpunan Mahasiswa Program Studi PAI INAIFAS.

Mendengar kabar tentang erupsi yang terjadi dan mengakibatkan saudara-saudara kita di Kabupaten Lumajang dominan terdampak membuat kami tidak tinggal diam. Tepat pada hari Kamis tanggal 09 Desember 2021 kami keluarga besar HMPS PAI INAIFAS khususnya melakukan aksi galang dana turun ke jalan untuk turut memopong kesadaran masyarakat lain.

Juga turut berpartisipasi dalam rangka menolong saudara kita di Lumajang yang terdampak. Selain aksi galang dana, kami juga turut menyulut semangat keluarga besar HMPS PAI agar ikut andil dalam mengulurkan tangan entah berupa uang maupun tenaga. Untuk menumbuhkan kesadaran jika pendidikan sebagai ladang memerdekakan manusia, memerdekakan dari peristiwa erupsi ini contohnya.

Syukurlah, setelah hasil penggalangan dana terkumpul langkah selanjutnya yang kami lakukan adalah membelanjakan uang tersebut. Dalam data pengungsian sementara yang kami peroleh dari posko Gusdurian Desa penanggal, terdapat 3 posko yang menjadi titik kumpul dominan warga yang terdampak erupsi, yaitu Balai Desa Penanggal, Lapangan dan SDN 01 Penanggal.

Baca juga  UPZIS INAIFAS : Alhamdulillah. Selamat kepada dua mahasiswa penerima beasiswa

Tepat pada hari Selasa 21 Desember 2021 dengan semangat bersama, kami keluarga besar HMPS PAI INAIFAS dengan dikawal langsung oleh pihak relawan posko yang mengabdikan waktu dan tenaga mereka sepenuhnya atas dasar kemanusiaan juga dengan sangat ramah tamah membantu kami mendistribusikan donasi lansung kepada korban yang mengungsi di ketiga posko tersebut.

Tak lupa puji syukur kepada Allah, juga nabi Muhammad sebagai utusannya, Alhamdulillah meskipun dengan seadanya waktu, tenaga, juga biaya yang terkuras, kami dapat merealisasikan konsep “kebermanfaatan untuk orang lain”. Sepatut dan seberhaknya atas nama manusia yang mereka saudara serahim Pertiwi untuk terus ikut andil dalam membantu meskipun sekecil biji dzarrah.

Salam Seduluran, Salam Kemanusiaan.

Penulis ; Teuku Muhammad Indra Shadafi (Anggota HMPS PAI)

Foto ; Tim Media HMPS PAI