Bagikan sekarang

Himpunan mahasiswa program studi Ahwal Al-Syakhshiyyah menggelar Pelatihan Public Speaking dan Harlah HMPS AS Ke-I yang bertajuk; Kembangkan Potensi, raih percaya diri dengan melatih public speaking.

Kegiatan tersebut diselenggarakan secara hybrid, bertempat di Aula Perguruan tinggi perguruan tinggi baru yang masih bernaungan sama dengan INAIFAS yakni Akademi Komunitas Assunniyah (AKAS), secara tatap muka, Minggu pagi (26/12).

Hasyinah Romzah Kamilah selaku ketua bidang Pengembangan sumber daya Mahasiswa (PSDM) yang menaungi kegiatan ini menjelaskan bahwa Public Speaking merupakan ilmu dasar untuk melatih para mahasiswa agar lebih berani berbicara didepan umum dengan benar.

“Karena dengan ilmu dasar berbicara didepan umum ini akan membuat para Mahasiswa berani berbicara tidak hanya dilingkungan kampus saja namun diharapkan juga bisa berbicara didepan banyak orang diluar kampus” katanya.

Moch. Saiful Rizal selaku Ketua Panitia memaparkan, kegiatan Pelatihan Public Speaking ini merupakan kegiatan perdana di HMPS AS karena memang baru berdiri satu tahun lamanya.

Menurutnya kegiatan ini berguna untuk melatih mental kita, meningkatkan percaya diri serta mengembangkan skill dalam public speaking. “Kegiatan ini diikuti oleh Mahasiswa Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah angkatan 2020-2021 yang berdomisili diluar pondok pesantren” Jelasnya.

Sementara Ketua HMPS AS INAIFAS Mella Aulya menambahkan bahwasanya untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang diantaranya terdapat 3 point, yaitu; pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Dia mengungkapkan terdapat beberapa fungsi yang harus dijalankan oleh mahasiswa, diantaranya Mahasiswa sebagai: Agent of change, Agent of Sosial Control, Agent of Moral Force, Guardian of value, serta Iron Stock.

“Maka dari itu, agar dapat mewujudkan Tri dharma Perguruan Tinggi serta menjalankan peran sebagai mahasiswa, kita harus membangun rasa percaya diri Mahasiswa, meningkatkan mutu serta kualitas mereka dalam berbicara didepan umum dengan mengembangkan soft skill, salah satunya dengan cara Melatih Public Speaking” paparnya.

Baca juga  Pengiriman DAI MAHASISWA INAIFAS Kencong Jember (angkatan ke-3)

Hal ini juga salah satu alasan konkret Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ahwal Al-Syakhshiyyah menyelenggarakan kegiatan “Pelatihan Public Speaking”

“Selain itu, dengan bertambahnya Usia HMPS ini yang baru 1 tahun semoga menjadi awal yang baik untuk HMPS ini sendiri” pungkasnya.

Pelatihan Public Speaking ini mendatangkan beberapa Narasumber yang berasal dari civitas akademika INAIFAS, Salah satunya ada: Ibu Rizqiyah Ratu Balqis M.Pd dan Ibu Widia Ningtyas M.A. Materi yang diberikan perihal tentang Analisa diri, Tekhnik berbicara didepan umum, serta praktik menjadi seorang public speaker.

Lebih lanjut, Gus Zuhairuz Zaman, B, Sc., MH selaku Dekan Fakultas Syariah memaparkan bahwa kegiatan ini dirasa positif khususnya untuk mendobrak kualitas mahasiswa prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah, memang sudah semestinya dibutuhkan oleh mahasiswa guna untuk mewujudkan kemampuannya dalam berbicara di muka umum.

Dia berharap, kegiatan ini dapat berjalan di tiap tahunnya guna meningkatkan Mutu serta Kualitas Mahasiswa Prodi Ahwal Al-Syakhshiyyah.

Selain itu, dengan bertambahnya usia HMPS AS ini dengan diwujudkannya dengan prosesi ceremonial Harlah yang Ke-I ini menjadi awal yang baik bagi HMPS AS.

“Karena ketika suatu organisasi atau kegiatan apapun di awali dengan sesuatu yang baik maka Insya Allah sampai akhir akan baik pula”pungkasnya.