Bagikan sekarang

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) genap berusia 62 tahun, Minggu (17/4/2022). Rektor INAIFAS Kencong, Jember Rijal Mumazziq Zionis, M.H.I turut mengucapkan selamat hari lahir (Harlah) kepada salah satu organisasi mahasiswa Islam terbesar di Indonesia itu.

Pria yang kerap disapa Gus Rijal itu berharap di umur yang semakin matang, PMII bisa terus membawa kemajuan bagi Indonesia.

“Di usia ke 62 ini, PMII senantiasa menjadi motor perubahan dan kemajuan bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Rijal pada acara Sarasehan mengenang perjalanan salah satu pendiri PMII, KH. Hizbullah Huda yang digelar oleh PC PMII Jember, Minggu (17/04) di Ponpes Darussholah Tegalbesar, Jember.

Turut hadir secara daring dalam forum tersebut, KH. Moensif Nahrowi salah satu pendiri PMII dan KH. Ahmad Gholban Aunirrahman, Lc., M.H.I keponakan KH. Hizbullah Huda.

PMII merupakan organisasi mahasiswa yang berdiri pada 17 April tahun 1960 di sekolah Muamalat Nahdlatul Ulama (NU) Wonokromo, Surabaya. Didirikan oleh 14 Pendiri perwakilan mahasiswa dari berbagai wilayah hingga menetapkan KH. Mahbub Djunaidi sebagai Ketua Umum PMII Pertama.

Lebih lanjut, Gus Rijal mengaku perjalanan karir dan prestasinya sampai hari ini tidak terlepas saat ia menjadi mahasiswa dan berproses di PMII.

“Terima kasih Mahbub Djunaidi yang selalu menjadi inspirator, terima kasih pendiri PMII dan terima kasih para Muasis Nahdlatul Ulama,” ucapnya.

Dirinya menambahkan, PMII senantiasa menjadi lahan berproses mahasiswa yang kritis dan kreatif. “Serta menjadikan setiap kampus yang disitu ada PMII-nya menjadi kampus pergerakan, kampus inovatif dan kampus yang semakin maju,” pungkasnya.

Baca juga  Di UIN Surakarta, Rektor INAIFAS Tekankan Potensi Pesantren dalam Islamic Studies