Bagikan sekarang

Lomba pidato bahasa Arab baru-baru ini diselenggarakan HMPS Prodi PBA Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong Jember pada 29-30 Desember 2021 di Aula Ponpes As-Sunniyyah Kencong Jember dalam rangka Hari Bahasa Arab (HBA) sedunia dengan mengusung tema “Mencetak Generasi Militan dalam Berbahasa Arab Aktif dan Kreatif”. Agenda lomba internal ini sudah menjadi program HMPS PBA INAIFAS tiap tahun guna menyaring mahasiswa berpotensi untuk diikutkan ke ajang perlombaan nasional atau internasional. Pengurus HMPS PBA INAIFAS periode 2021-2022 yang dinahkodai Muhyidin ini telah mempersiapkan acara ini secara matang dan kompak. Ahmad dan Riris, ketua panitia lomba pidato bahasa Arab putera dan puteri, berharap lomba ini dapat mematik jiwa kompetisi mahasiswa PBA INAIFAS.

Lomba bergengsi ini diikuti oleh 22 mahasiswa dari komposisi putera dan puteri. Masing-masing kelas mendelegasikan mahasiswa unggulnya. Untuk memastikan keikutsertaan kelas, HMPS PBA INAIFAS memberi warning tegas berupa sanksi Rp. 300.000/kelas apabila ada kelas yang tidak berpartisipasi dalam lomba ini.

Dari peserta yang mengikuti lomba dipilih 3 terbaik putera dan puteri berdasarkan penilaian dewan juri yang merupakan dosen PBA INAIFAS terbaik Ahmad Mizan Rosyadi dan Nor Holis. Peserta lomba pidato bahasa Arab terbaik putera juara 1 dimenangkan oleh mahasiswa semester 1A atas nama Ubaidillah Ali Al Karim dengan total skor 94, dikuti juara 2 mahasiswa semester 3A atas nama Muhammad Mukhtarullah dengan skor 85, dan juara 3 dari mahasiswa semester 5A atas nama Imron Rosyadi dengan total skor 79.

Sedangkan peserta lomba pidato bahasa Arab terbaik puteri juara 1 dimenangkan oleh mahasiswi PBA semester 5B atas nama Eka Mardiana Ulfa dengan total skor 94, dikuti juara 2 mahasiswi semester 3B atas nama Dewi Maryam Ulfa dengan skor 88, sedangkan juara 3 mahasiswi semester 3C atas nama Asna Roihatil Hauro’ dengan total skor 84.

Baca juga  Penyerahan beasiswa Prestasi Aktivis IPNU-IPPNU/PMII INAIFAS

Di akhir acara para juara ini mendapat tropi, sertifikat, dan hadiah khusus dari Kaprodi PBA berupa buku berbahasa Arab. Kaprodi PBA Fina Aunul Kafi mengatakan seluruh peserta lomba layak mendapat apresiasi setinggi-tingginya, bagi juara maupun belum juara, atas partisipasi, segala persiapan, dan keberanian mereka untuk menunjukkan diri tampil terbaik. PBA Bravo!


Kontributor: Asni Furoidah Foto: Aniq Taufani