Bagikan sekarang

Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS) Kencong Jember menyelenggarakan program tahunan Safari Ramadhan 1443 H/ 2022 M.

Kegiatan safari ramadhan dengan mengusung tema “Pemuda Berkarir Surga” tersebut dilaksanakan di SMK PGRI 05 Kencong Jember, Senin pagi (11/04/2022).

Wakil Presiden Mahasiswa DEMA INAIFAS, Rizal Arifan mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pengabdian kepada masyarakat salah satunya melalui lembaga sekolah tingkat menengah atas.

“Sebagaimana motto kampus INAIFAS yakni Beradab, Berilmu dan Berdakwah, hal ini adalah salah satu bentuk ikhtiar kampus dalam menyebarkan syiar dakwah Islam Ahlusunnah wal Jamaah An-Nahdliyah,” kata Arifan.

Lebih lanjut, Ibu Tias, S.Pd selaku Waka Kesiswaan SMK PGRI 05 Jember menyambut baik atas program Safari Ramadhan yang diselenggarakan Kampus INAIFAS tersebut.

“Sekolah kami juga memiliki program semacam ini, namun juga membutuhkan tutor/penceramah sebagai pendamping guru Agama disini. Sehingga, kedatangan mahasiswa INAIFAS sangat bermanfaat untuk turut mensukseskan program ini,” terangnya.

Dirinya berharap, melalui kegiatan safari ramadhan ini siswa-siswi utamanya yang beragam Islam dapat mengetahui dan mendalami agama Islam melalui materi-materi yang akan disampaikan seperti shalat, zakat, puasa, dan lain-lain.

“Meskipun peserta didik disini sudah dewasa, terkadang seperti contoh sholat, masih dibuat main-main dan menyepelekan. Sehingga perlu diberi pengetahuan dan pemahaman secara mendalam,” ujarnya penuh harap.

Hikmah selaku ketua panitia mengatakan kegiatan safari ramadhan tersebut diikuti oleh mahasiswa semester II, IV dan VI.

Pihaknya menerjunkan sekitar 30 mahasiswa yang bertugas sebagai tutor/pengajar kepada siswa-siswi di sekolah tersebut selama 2 minggu ke depan.

“Minggu pertama dilaksanakan sejak tanggal 11,12,13 April 2022. Minggu kedua dilaksanakan tanggal 18,19,20 April 2022,” kata Hikmah.

Baca juga  Gus Rijal Akan Segera Luncurkan Buku Baru, Apa?

Dalam kegiatan tersebut terlihat siswa dan mahasiswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Adapun materi yang diberikan adalah seputar sholat, zakat, puasa, thaharah, dan materi tambahan lainnya dengan diikuti oleh 530 peserta didik.