Bagikan sekarang

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember sukses menggelar Festival Hadrah Al-Banjari se-Jawa Timur. Kegiatan ini dipusatkan di Halaman Kampus setempat, Ahad (13/11/2022).

Ketua Dema Inaifas, Mila Agustin mengatakan kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan salah satu upaya Dema Inaifas membumikan shalawat kepada generasi muda dan masyarakat.

“Dengan adanya festival hadrah ini, kami ingin melestarikan seni budaya ini agar tidak punah ditelan zaman,” katanya.

Perempuan kelahiran 27 Februari 2000 ini menjelaskan bahwa Festival Al-Banjari ini sudah memasuki periode ke-V. Yaitu pada tahun 2017, 2018, 2019, 2020 dan 2022.

“Sedangkan pada tahun 2021, kita vacum karena pandemi. Sehingga dapat selenggarakan kembali tahun 2022 ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III (Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni) Mohammad Dasuki, M.Pd memberikan apresiasi kepada mahasiswanya yang tengah berjuang dan syiar mendakwahkan Islam melalui shalawat.

“Kami sangat bangga kepada teman-teman mahasiswa yang antusias menghidupkan kegiatan keislaman di lingkungan kampus dan masyarakat,” tuturnya.

Pria yang akrab disapa Abah Dasuki ini berharap dengan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat serta mempromosikan kampus Inaifas kepada pelajar tingkat SMA hingga kepada masyarakat umum.

“Sebagai kampus yang berbasis pesantren kegiatan seperti ini memang harus rutin digelar sebagai upaya melestarikan budaya pesantren dan Islam,” harapnya.

Diketahui, Festival Al-Banjari ini diikuti 60 peserta grup tingkat pelajar dan umum yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Pada kegiatan tersebut diambil 10 grup terbaik dan 1 grup dengan jinggle terbaik.

Berikut ini 10 finalis grup terbaik dan grup jinggle terbaik

  1. TBMW (Ijen Bondowoso)
  2. Al-Mujtaba (UIN KHAS Jember)
  3. Syauqul Musthofa (UIN KHAS Jember)
  4. Muhibbul Musthofa (UIN KHAS Jember)
  5. Assyauqon (PP Salafiyah Syafi’iyah Situbondo)
  6. Ashabishuffah (Banyuwangi)
  7. Alimunsyarif (Lumajang)
  8. Al-Abror (Lumajang)
  9. Ashabul Muhyi (MA Nuris Jember)
  10. Al Aziz JR (Jombang)
Baca juga  PEMIRA BEM INAIFAS 2019/2020 - Susunan Kabinet Baru, Kekeluargaan yang Solid, Aktif, & Professional

Sedangkan Jinggle Terbaik diraih Al-Jabbar Singh (Sumbermujur Lumajang).