Bagikan sekarang

Oleh: Asni Furoidah M.Pd.I (Dosen Pendidikan Bahasa Arab)

Program kegiatan PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) terintegrasi dan saling mendukung satu sama lain untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa sebagai calon guru atau tenaga kependidikan. Program-program yang dikembangkan dalam pelaksanaan PPL pada komunitas sekolah atau lembaga. Dalam evaluasi tersebut, Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab menyampaikan bahwa program yang dirancang diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman mengajar, perluasan wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mengajar yang diperlukan dalam bidangnya serta meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab dan kemampuan dalam memecahkan masalah pembelajaran.

Masalah yang muncul dilapangan berdasarkan pemantauan misalnya praktik mengajar oleh mahasiswa tidak memenuhi target, mahasiswa tidak membuat perangkat pembelajaran, program harian mahasiswa tidak dibuat, media pembelajaran kurang memadai dan lain-lain. Sedangkan masalah akademik yang sering muncul adalah mengenai pemilihan program prioritas PPL yang kurang mencermati program sekolah yang dapat diintegrasikan menjadi program PPL, keterlambatan pembagian tugas atau jadwal tugas mengajar guru oleh pihak sekolah.

Dalam pelaksanaan kegiatan PPL ini, ada beberapa hal yang perlu diperbaiki diantaranya: penyusunan perangkat pembelajaran (RPP, Prota, Promes, Silabus dsb) yang disesuaikan dengan program sekolah, penentuan guru pamong sesuai dengan prodi PBA, bentuk kerjasama intern antara pihak sekolah dengan prodi PBA serta laporan penyusunan PPL mahasiswa.

Setelah melaksanakan kegiatan PPL, mahasiswa diharapkan menyelesaikan tugas PPL dengan menulis laporan serta jurnal terkait penelitian selama PPL yang nantinya laporan tersebut akan disubmit kedalam jurnal an-Nuqtah sebagai hasil akhir pelaksanaan PPL. Dari hasil tersebut, mahasiswa sudah bisa mendapatkan nilai sekaligus sebagai syarat pengajuan judul skripsi dengan bimbingan dosen.

Acara yang dilaksanakan pada Ahad (21/11/2021) di Kampus II lt.5 ini dihadiri oleh segenap dosen PBA Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah Kencong Jember. Semoga hasil dari evaluasi ini bisa membawa perubahan kearah yang lebih baik bagi INAIFAS khususnya Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Salam PBA Bravo!!