Location,TX 75035,USA
+1234567890
info@yourmail.com

Diskusi Gender & Feminisme oleh PMII INAIFAS

Diskusi Gender & Feminisme oleh PMII INAIFAS

Kencong, 21 Mei 2019 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Rayon Persiapan Tarbiyah Komisariat INAIFAS melaksanakan kegiatan Diskusi tentang Gender dan Feminisme. Kegiatan yang dilaksanakan di sekretariat PMII Rayon Persiapan Tarbiyah Komisariat INAIFAS tersebut dihadiri oleh sahabati Hanifah Haris (Pendiri PMII Komisariat STAIFAS) selaku pemantik diskusi serta para anggota dan kader PMII Rayon Persiapan Tarbiyah.

Sebelum menuju pada poin pembahasan diskusi sahabati Hanifah terlebih dahulu menceritakan gerakannya dalam mendirikan komisariat STAIFAS sesuai rekomendasi dari sahabat/i hal itu dilakukan tidak lain supaya memotivasi sahabat/i dalam berproses di PMII. Menurut beliau PMII STAIFAS lahir dari sebuah kesadaran bahwasannya harus ada perbedaan antara siswa dan mahasiswa, maka dari itu perlu adanya organisasi kemahasiswaan yang bisa mewujudkan cita-cita tersebut. Akhirnya beliau sering bersilaturrahmi ke teman-teman yang ada di jember sampai bertemu dengan sahabat/i PMII, karena dinilai STAIFAS lumayan aktif dalam melakukan kegiatan atau mengikuti sebuah kajian maka PMII Cabang Jember berfikir bahwasannya perlu didirikan PMII Komisariat STAIFAS. “Dalam melakukan sebuah gerakan perubahan perlu adanya komitmen yang sungguh-sungguh serta 3 hal penting yang harus dimiliki yaitu ide, hati dan action” Ujar Sahabati Hanifah.

Dalam poin pembahasan diskusi, beliau menyampaikan bahwasannya Ketidakadilan Gender ada 6 hal, yaitu:

  1. Stereotype (lebel)
  2. Diskriminasi
  3. Beban ganda
  4. Kekerasan
  5. Stigma
  6. Marginalisasi

Selain itu Beliau juga mengajak kita untuk mengetahui perbedaan antara Gender dan Sex, beberapa hal yang disebutkan dari apa yang dimiliki laki-laki dan perempuan akhirnya ditarik kesimpulan bahwasannya Gender adalah sesuatu yang bisa dipertukarkan antara laki-laki dan perempuan sedangkan yang tidak bisa dipertukarkan disebut kodrat yang tak lain adalah sifat dari Sex. Kemudian arti dari Feminisme adalah upaya menempatkan perempuan untuk mendapatkan hak-hak yang sama dengan laki-laki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 10 =