Bagikan sekarang

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan media bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan dasar profesi dan sebagai sarana agar memiliki pengalaman mengajar. Dalam kesempatan ini, mahasiswa Inaifas diminta mampu aplikasikan teori yang sudah didapatkan.

Hal itu disampaikan Dosen Pembimbing Lapangan Drs. H. Ahmad Saifuddin, M.Pd.I. pada saat penerjunan mahasiswa PPL-2 di MA Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur, Kecamatan Puger pada Rabu (14/09/2022).

“Mahasiswa diharapkan dapat belajar bagaimana menjadi seorang pendidik yang baik serta dapat mengaplikasikan hasil-hasil teori yang telah di tempuh selama di bangku perkuliahan awal, sehingga dapat memberikan hasil yang baik untuk dapat diterapkan,” urainya.

Dirinya berpesan kepada seluruh mahasiswa untuk aktif dan disiplin dalam menjalankan PPL-2 hingga selesai. Karena itu, ia berharap mahasiswa dapat belajar banyak serta memberikan tauladan, pulang tambah ilmu, intelektual dan akhlak yang baik.

Disebutkan, Praktik pengalaman lapangan (PPL-2) ini dimulai sejak 14 september hingga 9 november 2022 mendatang. Jumlah mahasiswa yang melaksanakan PPL-2 di MA Irsyadun Nasyi’in yaitu 5 mahasiswa yang terdiri dari dua program studi, diantaranya Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bimbingan Konseling Pendidikan Islam (BKPI).

Kepala MA Irsyadun Nasyi’in Mashudi, S.Pd., M.Pd. menyambut baik kedatangan mahasiswa PPL-2 dan menerima dengan lapang dada serta siap mendampingi mahasiswa PPL-2 ini sampai akhir tugasnya nanti. Menurutnya, beberapa guru yang berada di MA Irsyadun nasyi’in merupakan lulusan dari Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas).

“Sehingga besar keyakinan bahwa visi dan misi kita sama, sehingga nantinya guru serta mahasiswa dapat dengan mudah saling berdiskusi dan saling berkontribusi dalam meningkatkan mutu serta perkembangan peserta didik,” katanya.

Ia menambahkan, mahasiswa PPL ini dapat menerapkan ATM (amati, tiru dan modifikasi) dalam melakukan proses mengembangkan pada peserta didik. Sehingga program apa saja yang nantinya kita peroleh selalu diterima dengan baik dan dapat ditransformasikan dengan baik pula serta dapat diterapkan.

Baca juga  IPNU-IPPNU INAIFAS Gelar Halal Bihalal

Acara ini dimulai pada pukul 09.30 dan dihadiri langsung oleh kedua Dosen pembimbing Lapang (DPL) dari masing-masing program studi diantaranya Drs. H. Ahmad Saifuddin, M.Pd.I. dan Aminullah, M.Pd. Tampak hadir Kepala MA Irsyadun Nasyi’in Mashudi, S.Pd, M.Pd. I serta seluruh dewan guru dan karyawan.