Bagikan sekarang

Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember menggelar Musabaqah Tilawatil Qur’an. Kegiatan yang diikuti puluhan pelajar tingkat SLTA se-Jember Lumajang ini dipusatkan di Halaman Kampus setempat, Sabtu (12/11/2022).

Presiden Dema Inaifas Mila Agustin mengatakan kegiatan dimaksudkan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw sekaligus Hari Lahir (Harlah) Inaifas Kencong ke-24 tahun.

“Ini juga sebagai bentuk menumbuhkan kecintaan Al-Qur’an pada generasi muda khususnya pelajar,” ujarnya.

Mila berharap peserta dapat menunjukkan kemampuan di hadapan dewan juri sekaligus mampu mengembangkan diri di bidang tilawati qur’an.

“Tilawatil Qur’an ini juga, dapat dijadikan momentum untuk berefleksi, memperbaiki diri dan meningkatkan akhlak yang mulia,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV (Bidang Pengembangan Lembaga dan Sarana Prasarana) Gus Ahmad Zuhairuz Zaman, B.Sc., M.H menegaskan, bahwa umat Islam harus mampu membangun nilai-nilai Al-Qur’an dan menjadikannya solusi  dalam menghadapi berbagai persoalan bangsa.

“Al-Qur’an juga harus mampu menjadi inspirasi dalam membangun nilai-nilai kerukunan, toleransi, dan keharmonisan, sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa,” katanya.

Katib PCNU Kencong ini menyampaikan bahwa proses peningkatan pengetahuan tidak boleh berhenti, namun harus berkelanjutan agar selalu relevan dengan perkembangan zaman.

Salah satunya dengan iqra (bacalah), yang memiliki makna agar setiap umat Islam menekankan kepada pemupukan ilmu pengetahuan secara terus-menerus yang bisa dipakai untuk mengoptimalkan peran sebagai khalifah di muka bumi.

“Generasi Qur’ani juga tidak hanya sekadar sanggup membaca Al-Qur’an, tetapi juga memahami kandungannya agar bisa mengimplementasikan dalam kehidupan keseharian. Inilah salah satu ciri dari SDM (Sumber Daya Manusia) unggul sesuai dengan nafas Al-Qur’an,” tandasnya.

Diketahui, terdapat dua kategori dalam perlombaan MTQ ini, yaitu Tartilul Qur’an dan Tilawatil Qur’an. Pada kategori Tartilul Qur’an terdapat 3 peserta terbaik, di antaranya, terbaik 3 diraih oleh Riski Awalina delegasi MA Roudhotul Tholabah Umbulsari dengan nilai 93, disusul terbaik 2 Laudya Arabela delegasi SMAN 2 Lumajang dengan nilai 93,5. Kemudian terbaik 1 dengan nilai 95 dimenangkan oleh Najla Achmal Khoridah delegasi MAN 1 Jember.

Baca juga  Rayakan Hari Pahlawan, INAIFAS Gelar Bedah Buku

Sedangkan khusus kategori Tilawatil Qur’an diambil 6 terbaik;

  1. Muhammad Fathoni Dailani delegasi MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz (98 poin)
  2. Fatihatul Luthfiyah delegasi MA Miftahul Arifin Pasirian (96 poin)
  3. Muhammad Khoiron Rosyadi delegasi MA Syarifuddin Lumajang (95 poin)
  4. Ivan Milu Hadi delegasi MA Syarifuddin Lumajang (95 poin)
  5. M. Aril Al-Hidayah delegasi MA Fatihul Ulum Al-Mahfudz (91,5 poin)
  6. Iqbal Taufiq delegasi SMK Islam Al-Azhar Ledokombo Jember (91 poin)