Bagikan sekarang

Bulan ramadhan merupakan bulan yang dinantikan seluruh umat Islam. Ramadhan tahun ini, melalui Kementerian Agama Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) INAIFAS Kencong Jember menyelenggarakan kegiatan rutin tahunan yakni Safari Ramadhan.

Kegiatan safari ramadhan tersebut akan diselenggarakan di lembaga tingkat SMA/SMK/MA atau SLTA di wilayah Gerbangmasku meliputi Puger, Jombang, Gumukmas, Kencong dan Umbulsari.

Sebelum diterjunkan, para mahasiswa yang menjadi tutor diberikan pembekalan Public Speaking dengan tema “Menjadi Fasilitator yang Efektif dan Inspiratif di Forum” pada Minggu pagi, di Ruang Microteaching INAIFAS, (10/04/2022).

Pembekalan tersebut mendatangkan dua narasumber yang kompeten dalam bidang tersebut yakni Akhmad Rudi Masrukhin, M.Pd sebagai narasumber pertama. Dan, Rizqiyah Ratu Balqis, M.Pd sebagai narasumber kedua.

Akhmad Rudi Masrukhin, M.Pd dalam penyampaiannya mengatakan menurut Albert Mehrabian, faktor terbesar dalam menentukan efektivitas komunikasi adalah visual (penampilan pembicara).

“Dengan komposisi 55% visual, 38% vocal dan 7% verbal (kalimat/Kata-kata),” terang Rudi.

Menurutnya, public speaking adalah keterampilan dalam mengonversi gagasan dan pemikiran menjadi bahasa verbal yang menarik di muka umum.

Sementara, Hikmah selaku ketua panitia pelaksana Safari Ramadhan mengatakan tujuan dari pembekalan tutor tersebut adalah untuk membekali mahasiswa agar mampu menjadi pendakwah atau penceramah yang baik, efektif dan inspiratif di hadapan siswa-siswi.

“Selain itu, manfaat dari kegiatan tersebut adalah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk belajar menjadi pembicara atau pengajar yang baik serta memberikan pengalaman pertama sebelum menempuh tugas PPL nanti,” ungkap Hikmah.

Manfaat lain yang didapat selain pengalaman adalah memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mengamalkan ilmu sebagaimana bentuk implementasi dari motto kampus, Beradab, Berilmu dan Berdakwah.

Kegiatan safari ramadhan tersebut akan berlangsung mulai tanggal 11-13 April 2022 di minggu pertama dan minggu kedua yaitu tanggal 18-20 April 2022.

Baca juga  Tingkatkan Keilmuan dan Penalaran, HMPS AS INAIFAS Gelar Diskusi Pranikah untuk Mahasiswa

“Untuk saat ini masih bertempat di SMKN PGRI 05 Kencong Jember dan menunggu dari SMAN 01 Kencong (smawon) masih dalam konfirmasi,” tambahnya.