Bagikan sekarang

Sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (Inaifas) Kencong, Jember meliputi PMII Rayon Tarbiyah dan PMII Rayon Febi menggelar aksi penggalangan dana untuk korban terdampak banjir dan tanah longsor di Kabupaten Malang.

Aksi tersebut dilakukan di sepanjang ruas jalan provinsi dari perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Jember pada Senin hingga Selasa, (24-25/10/2022). Terdapat tiga titik lokasi galang dana yaitu di Kecamatan Jombang, Kecamatan Kencong dan Kecamatan Gumukmas.

Ketua Komisariat PMII Inaifas Ahmad Fathu Fikron Musthofa mengatakan, hujan dengan intensitas tinggi di Malang wilayah selatan membuat aliran air sungai di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang meluap ke permukiman warga beberapa waktu lalu. Setidaknya, terdapat 6 kecamatan di wilayah tersebut yang terendam banjir.

“Berangkat dari kesadaran kolektif, aksi ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada saudara-saudara kita yang terdampak akibat bencana tersebut,” ungkapnya.

Ia menegaskan sebagai makhluk sosial, manusia memiliki hubungan dengan manusia lainnya (hablumminannas). Oleh karena itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya di Kabupaten Jember untuk turut menyisihkan sebagian rezekinya untuk mereka yang membutuhkan.

“Ini merupakan bagian dari implementasi Nilai Dasar Pergerakan (NDP). Ini semua atas dasar kemanusiaan. Khairunnaas Anfauhum Linnas, sebaik-baik manusia yaitu orang yang bermanfaat untuk orang lain,” tegasnya.

Di kesempatan ini, Ketua Bidang Advokasi dan Gerakan PMII Inaifas Johan Effendik mengatakan aksi galang dana tersebut dilakukan selama dua hari. Yaitu pada tanggal 24 hingga 25 Oktober 2022.

“Alhamdulillah, total hasil penggalan dana terkumpul Rp. 2.800.000. Semoga ini dapat menjadi manfaat meskipun tidak seberapa,” ujarnya.

Pria kelahiran asal Lumajang ini menjelaskan, hasil penggalangan dana tersebut akan diberikan dalam bentuk bahan-bahan logistik seperti sembako, obat-obatan dan lain-lain.

Baca juga  Gelar Seminar, HMPS PGMI INAIFAS Resmikan Program PGMI English Corner

“Untuk pendistribusian, kami sedang melakukan koordinasi dengan lembaga PMII di Kabupaten Malang. Sembari menunggu itu, kami juga membuka donasi via Rekening,” tandasnya.

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pengguna jalan yang telah berkenan menyisihkan sedikit rezekinya untuk mereka yang membutuhkan.

“Juga terima kasih kepada seluruh anggota dan kader PMII Inaifas atas dedikasi dan partisipasi aktif dalam pelaksanaan galang dana ini,” tutupnya.