Kenalkan Istilah Baru dari KKN, LP2M INAIFAS Gelar Sosialisasi Virtual

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Al-Falah As-Sunniyah (INAIFAS) Kencong Jember menggelar Sosialisasi Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset (PKM-BR) kepada mahasiswa, Rabu (19/6/2020).

Sosialisasi tersebut dilaksanakan secara daring melalui Room Vicon aplikasi Zoom Meetings.

PKM-BR adalah reformulasi dari istilah mainstream KKN yang dalam hal ini lebih mengedepankan aspek situasional (masa transisi pandemi Covid-19 ke New Normal) dan nilai manfaat yang lebih dengan mengintegrasikan penelitian dan pengabdian di masyarakat dalam satu pola kegiatan yang tetap berciri khas keislaman dan kepesantrenan.

Akhmad Rudi Masrukhin, M.Pd Kepala LP2M INAIFAS Kencong menjelaskan bahwa sebagaimana diamanahkan oleh Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 20, Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat disamping melaksanakan pendidikan.

“Sejalan dengan kewajiban tersebut, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi Pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di Perguruan Tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa”, Kata Rudi saat diwawancarai.

Menurutnya output yang ingin dicapai dalam PKM-BR ini adalah Pertama, Mahasiswa benar-benar bisa mengamalkan prinsip Tri Dharma Perguruan Tinggi secara nyata. Kedua, Mahasiswa mampu menerapkan keilmuannya dalam bentuk giat pengabdian sekaligus bisa meneliti dengan hasil yang bisa direkomendasikan untuk pembangunan masyarakat seutuhnya.

Ketiga, Mahasiswa yang mampu memberikan solusi dari permasalahan yang ada di masyarakat, Jelas Kepala LP2M INAIFAS tersebut.

Lebih lanjut, Rektor INAIFAS Kencong Rijal Mumazziq Zionis, M.HI berharap outcome yang ingin dicapai diantaranya, Laporan penelitian secara individu, dan Hasil penelitian dari dosen pembimbing yang berwujud jurnal.

“Serta jurnal penelitian mahasiswa yang nanti bisa dipublikasikan sebagai khazanah keilmuan para civitas akademika” Tutur Gus Rijal sapaan akrabnya.

Baca juga  Kunjungi lansia di TRESNA WERDHA JEMBER, HMPS BKPI INAIFAS Kencong Jember tingkatkan jiwa sosial mahasiswa.

Kegiatan sosialisasi yang digelar virtual tersebut diikuti oleh 169 peserta PKM-BR INAIFAS Tahun 2020, terdiri dari empat prodi diantaranya, Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam (BKPI) dan Ekonomi Syariah (ES).

Diinformasikan juga dari 169 mahasiswa baik reguler, ekstensi dan madin terbagi dalam 17 kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri 10 mahasiswa.

Foto : Istimewa
Penulis : BEM INAIFAS

Respond For " Kenalkan Istilah Baru dari KKN, LP2M INAIFAS Gelar Sosialisasi Virtual "

12 + 4 =